Brigjen Hendra Kurniawan Dipecat, Segini Gaji dan Tunjangan yang Melayang

Brigjen Hendra Kurniawan Dipecat, Segini Gaji dan Tunjangan yang Melayang.

Brigjen Hendra Kurniawan mantan Karopaminal Propam Polri dipecat karena terlibat dalam pelanggaran etik dalam penghalang-halangan kasus dugaan pembunuhan berencana yang diduga dilakukan Ferdy Sambo kepada Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat. 

Hendra yang sudah jadi terdakwa di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, melakukan sidang Komisi Kode Etik Polri atau KKEP pada Senin (31/10). Menurut Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Dedi Prasetyo mengabarkan kepada awak media bahwa Hendra diberhentikan secara tidak hormat.

“Perbuatan yang bersangkutan adalah tercela yang kemudian sanksi yang kedua yang bersangkutan ditempatkan di tempat khusus selama 29 hari dan sudah dilaksanakan,” kata Dedi. Tentu keputusan itu membuat Hendra kini tak lagi menjadi anggota Polri.

Setelah tidak lagi menjadi polisi dengan jabatan jenderal bintang satu, Hendra dipastikan akan kehilangan uang gaji dan tunjangan bulanan yang sebelumnya ia dapatkan selama masih aktif. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No.17 Tahun 2019 dengan pangkat Brigjen Polisi, Hendra mendapatkan gaji pokok dengan kisaran Rp 3.290.500 – Rp 5.407.400.

Selain dapat gaji, Hendra akan mendapatkan uang tunjangan yakni tunjangan jabatan dan pangkat. Jumlah tunjangan pangkat dan jabatan sebagai Karopaminal Propam Mabes Polri maka ia berada dalam kelas jabatan 15, sehingga mendapatkan tunjangan sebesar Rp 14.721.000.

Jika uang gaji dan tunjangan dijumlahkan, maka dalam sebulan Hendra mendapatkan pendapatan sekitar Rp 20.128.400. Sayangnya setelah resmi diberhentikan sebagai polisi maka ia tidak lagi mendapatkan pendapatan sebesar itu.

Brigjen Hendra Kurniawan Dipecat, Segini Gaji dan Tunjangan yang Melayang (Tribunnews.com)

Hendra dikabarkan memiliki gaya hidup super mewah saat masih jadi pejabat polisi. Lewat unggahan di Instagram istri Hendra, Seali Syah memberikan klarifikasi. Salah satunya bahwa Seali memiliki aset yang cukup lumayan. “Aku punya aset yang cukup lumayan lah, bila nggak dibuat pisah harta, ya itu tadi apa yang sebenarnya punya aku jadi dikait2in ke suami, padahal sudah dari sebelum nikah,” tulisnya.

Seali mengatakan status Hendra saat menikahinya adalah duda yang punya anak. “Aku punya anak angkat bawaan yang harus aku pastikan sampai masa depan mereka aman. Yang aku nikahin duda, aku nggak mau menjadi beban seolah-olah kayak sinetron ibu tiri gitu, wkwkwwk jadi biarlah apa pun yang punya si ayah ya hak anak-anaknya,” tambahnya.

Brigjen Hendra Kurniawan Dipecat, Segini Gaji dan Tunjangan yang Melayang (Kompas.com)