Waspada Gagal Ginjal Akut! 4 Minuman Alami Ini Mampu Membersihkan Ginjal, Sudah Pernah Coba?

4 Minuman untuk membersihkan ginjal dengan rasanya yang nikmat, salah satunya sari lemon.

Gagal ginjal akut belakangan tengah jadi sorotan. Hal ini lantaran penyakit yang tidak diketahui penyebabnya tersebut mengalami peningkatan dalam dua bulan terakhir. Bahkan mirisnya, kasus gangguan ginjal akut misterius ini menyerang anak di Indonesia antara usia 6 bulan-18 tahun.

Setidaknya, sudah ada 245 kasus gagal ginjal akut yang dilaporkan diderita anak-anak. Sebanyak 141 pasien di antaranya meninggal dunia. Kondisi ini tentu membuat banyak orangtua khawatir. Oleh karena itu, sebaiknya para orangtua mencari cara untuk menjaga ginjal berfungsi maksimal dan sehat.

Ginjal sendiri adalah organ yang penting yang berguna untuk membuang racun-racun dalam tubuh melalui urine atau air kencing yang diproduksi tubuh. Maka dari itu, penting untuk selalu menjaga ginjal tetap sehat agar mampu menjalankan fungsinya dengan optimal.

Sementara itu, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan ginjal, salah satunya dengan mengonsumsi minuman yang mampu melakukan pembersihan ginjal. Menariknya, minuman tersebut berasal dari bahan alami dan memiliki rasa yang enak. 

Jadi, baik untuk diminum rutin kapan saja. Dikutip dari CNN Indonesia, berikut empat jenis minuman alami yang mudah diracik di rumah untuk membantu menjaga kesehatan ginjal. Lantas apa saja minuman tersebut? Scroll buat penjelasannya! 

Jus Bit

Ilustrasi Gagal Ginjal Akut (Detikcom)

Buah bit memiliki kandungan betaine yakni senyawa fitokimia yang sangat bermanfaat. Bit juga punya kualitas antioksidan dan meningkatkan keasaman urine. Kandungan-kandungan ini yang bisa membantu untuk membersihkan kalsium fosfat dan penumpukan struvite dari ginjal. Selain itu, buah bit juga dapat meningkatkan fungsi ginjal serta mengurangi kemungkinan terjadinya batu ginjal.

Jus Lemon

Jus jeruk lemon pun dipercaya bisa meningkatkan kadar nitrit dalam urine. Kandungan ini yang memiliki fungsi untuk mencegah pembentukan batu ginjal. Cara menikmatinya, kamu cukup memeras 4-5 buah jeruk lemon ke dalam satu liter air dingin. Minuman ini juga bisa disajikan hangat, yakni dengan meremas seperempat hingga setengah lemon ke dalam 200 mililiter air panas setiap hari.

Jus Cranberry

Ilustrasi Buah Bit (Kompas.com)

Jus cranberry pun diyakini bisa menjaga saluran kemih. Dilansir dari Global Healing, penelitian menunjukkan bahwa cranberry bisa membantu melawan infeksi saluran kemih. Buah cranberry juga bisa mengurangi perlekatan bakteri ke kandung kemih dan uretra. Selain itu, cranberry pun membantu membersihkan ginjal dari kelebihan kalsium oksalat, salah satu kontributor utama batu ginjal.

Cuka Sari Apel

Dikutip dari Net Meds, cuka sari apel atau apple cider vinegar mengandung banyak antioksidan dan asam sitrat. Kandungan ACV-nya juga membantu memecahkan batu ginjal dan membuang racun. Sehingga mampu untuk menjaga ginjal tetap sehat.

Ilustrasi Jus Cranberry (Suara.com)