Hati Jadi Lebih Tenang, Begini Cara Mengatasi Overthinking

Karena banyaknya pemicu, setiap orang perlu tahu cara mengatasi overthinking agar hati bisa menjadi lebih tenang. Yuk intip ulasannya!

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang menjadi overthinking dan hal semacam ini justru berpotensi membuat stres. Maka dari itu dibutuhkan cara mengatasi overthinking agar hati menjadi lebih tenang.

Overthinking merupakan kondisi ketika kamu memikirkan segala hal secara berlebihan, dan tentu ini tidak baik untuk kesehatan mental. Karena orang yang mengalami overthinking umumnya jadi susah tidur, gagal fokus, dan selalu resah. Nah, agar hidup lebih tenang, yuk intip tips berikut! 

Cari Pengalihan Perhatian

Kamu bisa mengatasi overthinking dengan cara mencari pengalihan perhatian. Misalnya lakukan aktivitas yang positif seperti hobi, mempelajari hal baru, berolahraga, ikut kegiatan sosial, berkebun, memasak, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga bisa coba menyisihkan setidaknya 30 menit untuk menuliskan hal-hal yang bikin kamu khawatir berlebihan.

Cara Mengatasi Overthinking (via Seventh News)

Lawan Pikiran

Ketika kamu mengalami overthinking, coba untuk melawan pikiran negatif tersebut. Jangan biarkan kamu terhanyut dalam pikiran buruk .Coba sadari pikiran negatif tersebut, dan lawan. Dengan tidak membiarkan bayangan buruk menguasai pikiranmu, maka kesehatan mental kamu juga akan lebih baik.

Cara Mengatasi Overthinking (via Kredit Pintar)

Lakukan Mindfulness

Mindfulness artinya kamu berkomitmen untuk lebih fokus pada masa kini dengan penuh kesadaran. Coba ikhlaskan masa lalu yang tak mungkin terulang. Mindfulness akan membutuhkan latihan, jadi semua membutuhkan waktu lebih lama. Tapi yakinlah kalau cara ini akan membantu kamu mengatasinya.

Cara Mengatasi Overthinking (via Berkeluarga)

Tetap Fokus dan Mencari Solusi

Berhenti overthinking bukan berarti kamu berhenti memikirkan masalahmu. Kamu tetap memikirkannya, tapi tidak secara terus-menerus, sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Pastikan kamu fokus pada masalah yang ada, jangan ditambah dengan pikiran negatif lainnya. Dengan begitu kamu juga akan fokus mencari solusi untuk masalah yang tengah kamu hadapi.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara mengatasi overthinking? Tetap rileks menjalani hidup. Pikirkan masalah secukupnya, karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Cara Mengatasi Overthinking (via EKRUT)