Sedih Banget, Ini 3 Destinasi Wisata di Indonesia yang Terancam Rusak

Ada beberapa destinasi wisata di Indonesia yang terancam rusak dan enggak bias dikunjungi lagi karena ulah para pengunjung. Mana saja?

Keindahan alam di Indonesia memang tidak diragukan lagi keindahannya, sungguh mempesona. Bahkan Indonesia menjadi habitat bagi jutaan spesies flora dan fauna lho. Sayangnya, ada beberapa destinasi wisata di Indonesia yang terancam rusak dan enggak bisa dikunjungi lagi.

Banyaknya orang yang berbondong-bondong mengunjungi destinasi wisata tanpa mempedulikan area wisata inilah yang membuat destinasi wisata tersebut justru terancam atau bahkan rusak karena terlalu banyak yang menjamah. Lantas destinasi wisata di Indonesia mana saja yang terancam rusak? Melansir dari berbagai sumber, berikut ini daftarnya.

1. Hutan Hujan Tropis di Sumatera

Hutan Hujan Tropis di Sumatera yang masuk dalam Daftar Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2004 untuk keanekaragaman hayati ini sebenarnya adalah rumah konservasi bagi puluhan ribu spesies tanaman dan mamalia. Seperti harimau Sumatera, orangutan, gajah, dan badak Sumatera.

Dengan luas sekitar 2,5 juta hektar, terdapat tiga taman nasional di kawasan ini, yakni Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Kerinci Seblat, dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.

Sayangnya, pada tahun 2011, hutan ini telah masuk dalam Daftar Bahaya (Danger List) karena menurut UNESCO, hutan ini sudah kehilangan unsur keaslian alamnya.

Destinasi Wisata di Indonesia yang Terancam Rusak (via SampaiJauh)

2. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Kalau kamu suka hiking, pasti tahu Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Gunung Gede Pangrango ini terkenal dengan alun-alun Surya Kencananya. Bahkan dari gunung ini, para pendaki bisa menikmati hamparan bunga edelweiss yang indah.

Namun sayangnya, belum banyak para pendaki yang sadar akan pentingnya membawa kembali sampah dari sisa makanan mereka saat turun gunung. Akibatnya, sampah menumpuk dan mengancam ekosistem di kawasan Gunung Gede Pangrango.

Destinasi Wisata di Indonesia yang Terancam Rusak (via Forester Act)

3. Taman Laut Nasional Bunaken

Terakhir ada Taman Laut Nasional Bunaken yang terletak di Sulawesi Utara. Bunaken adalah tempat wisata bawah laut yang legendaris. Di sini kamu tidak hanya bisa menikmati keindahan bawah lautnya, tapi juga merasakan pengalaman snorkeling dan juga diving.

Sayangnya, Bunaken terancam rusak karena banyak sampah plastik yang terbawa arus dari teluk Manado dan mengancam kelestarian Bunaken.

Duh, sayang banget kan kalau destinasi wisata di Indonesia yang terancam rusak tadi jadi enggak bisa dikunjungi. Jadi mulai sekarang kalau kamu berkunjung ke tempat wisata jangan lupa untuk menjaga lingkungan di sana juga ya, jangan justru merusaknya.

Destinasi Wisata di Indonesia yang Terancam Rusak (via Go Celebes)