5 Tips Manajemen Waktu untuk Ibu Bekerja yang Super Sibuk

Ibu bekerja sudah sangat lazim ditemui saat ini. Namun agar semua dapat berjalan harmonis, dibutuhkan manajemen waktu yang baik. Bagaimana carannya?

Ibu bekerja sudah sangat lazim ditemui saat ini. Banyak sekali perempuan yang memutuskan untuk mengambil peran sebagai ibu dan pekerja kantoran karena berbagai faktor. 

Menjalani kedua peran tersebut secara bersamaan ternyata juga tidak mudah. Tak sedikit ibu yang merasa dilema untuk membagi waktu antara keluarga dan pekerjaannya. Nah, agar semua dapat berjalan harmonis, dibutuhkan manajemen waktu yang baik. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba:

1. Atur Prioritas

Sangat penting bagi ibu yang bekerja untuk menentukan mana hal yang merupakan prioritas. Bedakan antara kebutuhan mendesak dan penting. Selain itu, penting juga untuk mengetahui hal yang merupakan kewajiban dan biasakan untuk selalu menyelesaikan hal tersebut terlebih dahulu. 

Misalkan saja, kamu bisa membeli keperluan pentas seni anak yang akan digunakan 3 minggu lagi di akhir minggu. Kamu bisa sekaligus menghabiskan quality time jalan-jalan bersama anak. 

Tips Ibu Bekerja (via Pintar)

2. Delegasikan Tugas

Ajarkan teamwork kepada anggota keluarga, sehingga ibu yang bekerja tidak ‘berjuang’ mengurus rumah tangga sendiri. Beri peran yang sesuai pada anak anak dan suami. Ajarkan anak membersihkan meja makan, merapikan tempat tidur, dan membersihkan kamarnya. Buat jadwal bergantian dengan suami untuk membuang sampah, dan mencuci menggunakan mesin cuci. 

Agar anak semakin tertarik untuk membantu, buatlah chart dengan sticker sebagai reward untuk menunjukkan kalau kamu menghargai bantuan mereka. Selain melatih kemandirian anak, tentunya kamu juga tertolong.

Tips Ibu Bekerja (via CNN)

3. Rencanakan Jadwal Seminggu ke Depan

Merencanakan kegiatan akan membantu dalam membagi waktu untuk ibu yang bekerja. Rencanakan makanan yang akan dimasak selama seminggu ke depan, jadwalkan juga kegiatan anak-anak yang perlu kehadiranmu. Saat sudah ada jadwal, kamu tidak bingung lagi dan bisa menyiapkan keperluan untuk 2 bahkan 3 hari mendatang saat ada waktu luang di malam hari.

Tips Ibu Bekerja (via The Asian Parent)

4. Atur Quality Time Bersama Keluarga

Lakukan kegiatan bersama dengan anak di pagi hari sebelum memulai kesibukan. Jadikan waktu sarapan sebagai waktu untuk saling bertukar rencana apa yang akan masing-masing anggota keluarga lakukan hari itu. Maksimalkan juga waktu malam, jika tidak bisa makan malam bersama, maka gunakan waktu sebelum tidur untuk membacakan buku atau hanya ngobrol dengan anggota keluarga. 

Tips Ibu Bekerja (via Mommies Daily)

5. Cukup Me Time

Menjadi seorang ibu yang juga bekerja, memerlukan energi yang cukup agar tetap optimal untuk membersamai keluarga sekaligus menyelesaikan tanggung jawab di kantor. Karena itu waktu istirahat yang cukup sangat penting. Sempatkan untuk melakukan kegiatan yang disukai, seperti membaca buku, memasak, atau berenang untuk menjaga pikiran tetap segar.

Menjalankan peran sebagai wanita karir sekaligus ibu rumah tangga memang tak mudah, namun dengan manajemen waktu yang baik, kamu dapat menjalankan keduanya dengan seimbang.

Tips Ibu Bekerja (via CNN)