Bisa Jadi Tanda Penyakit, Ternyata Ini Penyebab Darah Mens Berwarna Gelap

Darah mens umumnya berwarna merah tua atau merah terang, namun perlu diketahui apa penyebab jika darah mens berwarna gelap dan tidak seperti biasanya.

Ketika menstruasi, pernah nggak kamu menemukan darah mens berwarna gelap? Perlu diketahui bahwa darah mens umumnya berwarna merah tua atau merah terang. Namun memang setiap menstruasi warna darah bisa berubah-ubah.

Dan ternyata berubah-ubahnya warna darah menstruasi ini bisa menandakan suatu penyakit dalam tubuh kita lho? Lantas, apa ya yang menyebabkan darah menstruasi menjadi berwarna gelap? Berikut ini penjelasannya.

1. Darah Lama Mengendap

Ketika lapisan pada dinding rahim meluruh setiap bulannya, darah belum tentu langsung keluar semua hingga tuntas. Maka dari itu, penyebab pertama darah mens berwarna gelap adalah karena ada darah lama yang mengendap, sehingga darah tersebut menggumpal dan berwarna lebih pekat.

Darah Mens Berwarna Gelap (via HerStory)

2. Perubahan Hormon

Selanjutnya yang menyebabkan darah mens berwarna hitam adalah karena adanya perubahan hormon pada tubuh, bisa berupa gangguan tiroid atau menjelang menopause. Perubahan warna darah mentruasi juga bisa terjadi karena penggunaan pil KB atau saat sedang menyusui.

Darah Mens Berwarna Gelap (via Diadona)

3. Kanker Serviks

Jarang terjadi sih, namun darah menstruasi berwarna hitam juga bisa menjadi pemicu kanker serviks. Biasanya hal ini terjadi jika kamu memiliki siklus mentruasi yang tidak teratur, sehingga mengalami pendarahan saat berhubungan seks.

Namun selain darah menstruasi yang menghitam, kanker serviks stadium lanjut juga ditandai dengan beberapa gejala seperti mudah lelah, haid yang lebih lama, sakit saat berhubungan seks, penurunan berat badan, nyeri panggul, sulit BAK dan BAB, dan terakhir bengkak pada kaki.

Darah Mens Berwarna Gelap (via Detail Artikel)

4. Penyakit Radang Panggul

Darah menstruasi berwarna hitam juga bisa disebabkan adanya penyakit radang panggul. Penyakit ini biasanya terjadi karena adanya infeksi yang terjadi pada saluran reproduksi perempuan. Infeksi ini bisa terjadi karena adalah bakteri yang menyerang rahim, tuba falopi, atau indung telur.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja penyebab darah mens berwarna gelap. Jadi tidak ada salahnya coba menemui dokter untuk berkonsultasi jika kamu mengalaminya setiap bulan. Waspada itu perlu ya, Guys!

Darah Mens Berwarna Gelap (via SehatQ)