Manfaat Buah Manggis yang Jarang Ditemukan di Buah Lain

Buah manggis dari dulu dikenal memiliki banyak manfaat. Tetapi ada beberapa manfaat buah manggis yang eksklusif milik manggis. Kira-kira apa saja ya manfaat dari ratu buah tropis ini?

Buah manggis atau yang dikenal dengan nama ilmiah Garcinia mangostana, adalah buah yang mudah ditemukan di wilayah tropis. Buah manggis diyakini sebagai buah asli dari Indonesia. Namun saat ini budidaya buah manggis telah merambah ke beberapa negara di kawasan Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Thailand, dan Vietnam, dan juga di beberapa wilayah Afrika. Buah manggis yang berwarna ungu ini sering dikatakan sebagai buah eksotis Indonesia, hingga mendapat julukan ratunya buah tropis.

Selain rasanya yang lezat, buah manggis banyak dibudidayakan karena memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan kesehatan manusia. Jadi selain nikmat, mengkonsumsi secara rutin akan mendatangkan manfaat buah manggis. Hebatnya buah ini dikenal memiliki manfaat yang eksklusif miliknya sendiri. Yuk kita cari tahu apa saja manfaat daru ratu buah tropis yang jarang ditemukan di buah lain ini gengs.

1. Mencegah penyebaran jamur

Jamur, seperti panu, merupakan suatu hal yang sangat mengganggu bagi setiap orang. Apalagi kaum perempuan, keputihan adalah salah satu penyakit yang disebabkan pleh jamur. Dengan mengkonsumsi manggis secara teratur akan membuat kita terhindar dari penyebaran jamur.

2. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Kandungan zat xanthone yang dimiliki oleh buah manggis dipercaya dapat meredam gejala kolesterol. Manfaat buah manggis dari segi medis ini dapat menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat yang berlebihan di dalam tubuh. Kolesterol yang berlebihan dapat memicu terjadinya penyempitan pada pembuluh darah.

Buah manggis (zhifure.com)

3. Menjaga kesehatan mata

Buah manggis merupakan buah yang kaya dengan antioksidan. Antioksidan dari manggis dapat mencegah terjadinya gangguan penglihatan seperti katarak dan glukoma. Gangguan ini merupakan gangguan yang diakibatkan oleh radiasi yang menghilangkan protein pada lensa mata.

4. Mengobati penyakit asma

Penyakit asma jika tidak ditangani dengan baik dapat berujung pada kematian. Hanya saja penyakit ini tidak bisa disembuhkan dengan sekali waktu. Pasien yang sudah rusak sistem pernafasannya harus menjalani terapi yang bisa dilakukan berbulan-bulan. Bagi yang sudah mengalami sesak nafas atau asma, tidak ada salahnya jika anda mengkonsumsi buah manggi. Sebab buah ini dipercaya memiliki kemampuan untuk melawan infeksi dan memiliki kandungan zat-zat yang dapat mengurangi alergi.

Serangan jantung karena kolesterol (islamidia.com)

5. Melawan alergi

Seperti penjelasan nomor empat, manfaat buah manggis yang jarang ditemukan pada buah lain adalah kemampuannya memerangi alergi. Sebuah penelitian dari Jepang mengungkapkan bahwa kandungan vitamin dalam manggis sangat bagus untuk melawan alergi. Hal ini karena ekstrak dari buah manggis mampu menghambat pelepasan histamin (penyebab tubuh gatal-gatal saat alergi) dan sintesis prostaglandin (penyebab tubuh meradang saat alergi).

Alergi pada makanan (seosponsors.com)