Mirip Capres, Lembaga Survei Rilis Ustaz-ustaz yang Paling Disukai Masyarakat Indonesia, Peringkat Dua Dekat dengan Para Artis

Lembaga survei Poltracking Indonesia merilis daftar nama ustaz yang dianggap paling berpengaruh dan disukai masyarakat Indonesia. Siapa yang nomor satu?

Poltracking Indonesia merupakan salah satu lembaga survei di Indonesia. Biasanya lembaga survei ini merilis survei terkait elektabalitas calon presiden atau capres. Tapi beberapa waktu lalu, Poltracking merilis daftar nama ustaz  paling berpengaruh di Indonesia atau yang disukai masyarakat.

Sudah jelas nama-nama ustaz terkenal di Indonesia masuk dalam daftar. Selain dianggap ustaz paling berpengaruh di Indonesia, sosok para uastaz dianggap dicintai dan memiliki banyak penggemar di Indonesia. Siapa saja ustaz-ustaz yang palin berpengaruh di Indonesia?

1.    Ustaz Abdul Somad

Ustaz Abdul Somad alias UAS menjadi ustaz yang paling berpengaruh di Indonesia. Pria yang sempat ditolak masuk ke Singapura itu juga memiliki penggemar yang cukup banyak. Kepribadiannya disukai mayoritas umat Islam di Indonesia, dan mendapatkan presentase 13,9 persen suara.

Memang kepopuleran UAS di Indonesia selama beberapa tahun ini membuat namanya semakin terkenal. Bahkan pada Pilpres 2019 lalu, nama UAS sebenarnya diharapkan bisa menjadi salah satu Calon Wakil Presiden, namun UAS menolak masuk dunia politik dan memilih untuk tetap berdakwah.

Lembaga Survei Rilis Ustaz-ustaz yang Paling Berpengaruh di Indonesia (Bicara Berita)

2.    Gus Miftah

Dibawah UAS ada Gus Miftah. Gus Miftah adalah ustaz yang cukup dekat dengan para artis. Nama-nama seperti Deddy Corbuzier, Katty Butterfly, Nania Idol, hingga Celine Evangelista, adalah artis yang punya hubungan baik dengan Gus Miftah. Dalam survei itu. Gus Miftah mendapatkan presentase 9,4 persen.

Saat dimintai tanggapan oleh awak media terkait survei itu, Gus Miftah bijak memberikan komentar dan tak mau menjadikan survei itu sebagai patokan. “Saya lebih suka beristighfar agar terhindar dari sikap dan sifat ujub, riya, takabur. Semoga hasil survei kalau memang benar demikian, membuat saya lebih berhati-hati dalam bertutur kata, bersikap, dan berperilaku,”jelas Gus Miftah dilansir dari Kapanlagi.

3.    Gus Mustofa Bisri

Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus adalah pendakwah yang lahir di Rembang, Jawa Tengah. Gus Mus memiliki Pondok Pesantren Raudlatutu Thalibin di Rembang. Selain menjadi ustaz, Gus Musf dalam kesehariannya dikenal sebagai seorang penyair dan penulis. Tulisan sudah diacungi jempol oleh para sastrawan di Indonesia. Gus Mus juga mendapatkan julukan menjadi budayawan. Dalam survei tersebut ia berada di peringkat tiga dan mendapatkan presentase 7,2 persen.

 

Lembaga Survei Rilis Ustaz-ustaz yang Paling Berpengaruh di Indonesia (SINDOnews)

4.    Gus Bahaudin Nur Salim

Pria yang memiliki nama asli Ahmad Bahauddin atau dikenal dengan nama Gus Baha adalah ulama Nahdlatul Ulama yang berasal dari Rembang, Jawa Tengah. Gus Baha merupakan salah satu murid dari mendiang Kiai Maimun Zubair. Gus Baha terkenal sebagai ustaz yang memiliki pengetahuan ilmu tafsir dan pengetahuan tentang Al- Qur’an. Gus Baha berada di peringkat ke-4 dengan presentase 5,6 persen.

5.    Aa Gym

Abdullah Gymnastiar alias Aa Gym adalah ustaz dan penceramah yang sudah terkenal di Indonesia. Semakin terkenal membuat kehidupan  pribadi Aa Gym selalu disorot, mulai dari masalah rumah tangganya hingga konfliknya dengan salah satu anaknya. Memang nama Aa Gym tenggelam seiring keputusannya melakukan poligami. Meski begitu dia menjadi ustaz di peringkat ke-5 yang disukai masyarakat dengan presentase 5,4 persen.

Lembaga Survei Rilis Ustaz-ustaz yang Paling Berpengaruh di Indonesia (Republika)