Benarkah Olahraga Saat Sakit Flu Bikin Cepat Sembuh? Ternyata Penjelasannya Mengagetkan!

Penjelasan tentang olahraga saat flu tidak membuat cepat sembuh.

Olahraga  memang memiliki banyak manfaat, terutama untuk sistem kekebalan tubuh. Lakukan olahraga ringan selama 30 menit lima kali seminggu sudah cukup untuk membawa manfaat bagi kesehatan. Tapi karena ini juga, beberapa orang mungkin berpikir kalau olahraga saat sakit flu  bisa membantu ‘mengeluarkan keringat’ dan membuat kondisi sedikit membaik.

Namun ternyata penjelasannya terbilang cukup mengejutkan. Dikutip dari Bisnis.com, belum ada bukti yang menjelaskan kalau olahraag saat sakit flu bisa mempersingkat penyakit atau membuatnya tidak terlalu parah. Tapi yang perlu diingat, kalau olahraga bisa membuat tubuh stres yang pada gilirannya akan membuat sel-sel kekebalan kurang mampu merespon patogen atau kuman.

Ini juga berkaitan fakta kalau tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen dan energi yang tersimpan dalam bentuk glukosa saat olahraga. Keduanya juga dibutuhkan oleh sel kekebalan tubuh untuk membantu melawan virus. Jika tubuh melawan infeksi dan terkena stres olahraga, hal ini mungkin tidak bermanfaat untuk respons imun.

Akan tetapi, kamu bisa berolaharga jika fisik mampu untuk melakukannya. Kalau kamu merasakan gejala flu di bagian atas leher seperti kepala pusing atau hidung tersumbat, mulailah dengan olahraga intensitas rendah untuk melihat respon tubuh. Jika merasa baik-baik saja, kamu boleh meningkatkan intensitas olahraga secara bertahap.

Foto: Olahraga Saat Sakit (BantenNews)

Namun, kalau olahraga justru membuat tubuhmu merasa lebih buruk, maka sebaiknya istirahat. Kamu pun tidak disarankan untuk olahraga saat sedang demam, nyeri otot atau muntah. Karena dikhawatirkan, olahraga justru akan membuat kondisi tubuh semakin rendah dan akhirnya semakin lama untuk pulih dari sakit.

Olahraga secara teratur memang cara yang baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh demi melawan berbagai jenis infeksi, termasuk flu biasa dan bahkan mungkin Covid-19. Meski begitu, kamu tidak harus berolahraga saat sakit. Kadang, obat terbaik untuk flu atau pilek adalah istirahat dan tetap terhidrasi. Kamu bisa minum obat pereda nyeri jika memang diperlukan. 

Foto: Olahraga Saat Sakit (OTC Digest)