Suka Keseleo Lidah Saat Bicara, Isyana Sarasvati Cerita Sebabnya

Isyana Sarasvati merupakan penyanyi yang kerap keseleo lidah saat bicara bahkan bernyanyi.

Isyana Sarasvati  merupakan sosok penyanyi yang unik. Selain memiliki wajah cantik dan suara merdu, ternyata Isyana mempunya ciri khas yang dikenali masyarakat yakni kebiasaan salah bicara. Dalam beberapa kesempatan baik sedang bicara atau bernyanyi, Isyana alami keseleo lidah.

Misalnya ada satu momen ketika Isyana jadi bintang tamu Tonight Show NETTV. Saat berbincang dengan host Vincent dan Desta, Isyana beberapa kali mengucap kata yang salah dan bikin bingung. Isyana menyebut kata “benul” atau yang dia maksud adalah “betul”. Termasuk ketika salah menyanyikan lirik lagu di panggung.

Dilansir dalam channel YouTube NET Family, Isyana menceritakan penyebabnya kenapa dia suka salah saat bicara. “Memang suka keseleo karena antara apa yang dipikiran dan diucapkan berbeda, yang diucapkan kecepatan begitu,” jelas Isyana. “Pernah juga ngobrol soal album Afgan, saya mau menyingkat kata malah keluarnya berbeda,” kenangnya.

Kebiasaan dirinya suka keseleo lidah ditanggapi santai oleh Isyana. Ia pun beberapa kali melakukan kesalahan bicara ketika sedang bernyanyi di panggung. “Kalau lupa lirik mah gampang tinggal kasih microphone ke penonton, kalau salah bicara itu yang suka bingung,” tuturnya.

Banyak warganet sempat mempertanyaan kebiasaan lucu Isyana. Ada yang menduga Isyana mengidpa gangguan yang disebut Spoonerisme. Dilansir dari Grid.ID, Spoonerisme adalah kesalahan bicara yang berkaitan dengan transposisi fonetik dalam hal mana huruf mati, huruf hidup, atau morfem terbolak-balik tempatnya.

Spoonerisme ini biasanya muncul dari bagian selip lidah atau slip of the tongue yang timbul karena lidah penutur keseleo yang biasanya dipicu oleh kegugupan, terlalu cepat berbicara karena kurangnya daya konsentrasi.

Suka Keseleo Lidah Saat Bicara, Isyana Sarasvati Cerita Sebabnya (Hops.ID)

Meskipun memiliki kebiasaan yang cukup mengganggu, tetap saja pelantun lagu “Tetap Dalam Jiwa” ini dikenal sebagai penyanyi yang menghibur karena suka melakukan aksi kocak di atas panggung. Misalnya ketik amomen Isyana pernah turun panggung dan mengelilingi penonton. Ketika itu dia berlari sambil mengangkat tangannya dan melambai ke arah fans.

Di saat yang sama Isyana Sarasvati  menghampiri seseorang diduga asistennya yang sedang merekam dengan ponselnya. Secara mengejutkan Isyana malah bertanya tentang kondisi ketiaknya. “Mbak yo, ketek aku nggak basah kan?,” tanya Isyana. Semua penonton langsung tertawa lepas mendengar pertanyaan istri dari Rayhan Maditra.

Suka Keseleo Lidah Saat Bicara, Isyana Sarasvati Cerita Sebabnya (Koran- Jakarta)