Deretan Konglomerat yang Punya Supermarket, Ada yang Kekayaannya Capai Rp 122 Triliun!

Supermarket di Indonesia dimiliki oleh para konglomerat. Makanya kekayaan mereka dinilai fantastis karena bisnis tersebut cukup menjanjikan.

Salah satu bisnis yang dimiliki para konglomerat  atau orang kaya di Indonesia adalah supermarket. Tercatat nama-nama orang terkaya di Indonesia menjadi pemilik supermarket di Indonesia. Bahkan ada yang menjadi pemilik supermarket dan memiliki harta mencapai ratusan triliun. Berikut ulasannya.

1.    Chairul Tanjung

Tak hanya memiliki perusahaan media dan punya bank, Chairul Tanjung memiliki bisnis dalam bidang ritel yakni Transmart. Awalnya ayah Putri Tanjung ini mendirikan Carrefour yang selalu ada di kota-kota besar di Indonesia. Namun Carrefour akhirnya berganti nama menjadi Transmart.

Kesuksesan Transmart membuat supermarket itu berkembang di Indonesia. Saat ini total Transmart memiliki gerai sebanyak 137 di seluruh Indonesia. Makanya Chairul masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia.

2.    James Riady

Hypermart adalah supermarket yang sudah cukup dikenal masyarakat Indonesia. Hypermart adalah supermarket milik keluarga Riady yang berada dalam naungan Lippo Group. Bisnis supermarket ini dijalani oleh James Riady yang merupakan anak dari Mochtar Riady.

3.    Muhammad Saleh Kurnia

Muhammad Saleh Kurnia memang namanya tidak terlalu tersohor dibandingkan dua nama sebelumnya. Sebab pada tahun 1992 Kurnia sudah meninggal dunia. Namun dia meninggalkan warisan yang sangat besar. Kurnia mendirikan Hero Supermarket. Grup Hero terdiri dari beberapa supermarket yakni Giant yang sudah tutup. Lalu ada IKEA dan Guardian.

Deretan Konglomerat yang Punya Supermarket (Detikcom)

4.    Djoko Susanto

Djoko Susanto merupakan konglomerat Indonesia yang memiliki Alfamart dan Alfamidi. Saat ini ada belasan ribu Alfamart yang tersebar di seluruh Indonesia dan Alfamidi terdapat hampir 1.800 gerai. Djoko adalah konglomerat yang memiliki kekayaan mencapai Rp 27,1 triliun.

5.    Anthony Salim

Saingan Djoko Santoso an Alfamart adalah Indomaret yang didirikan oleh Salim Group atau Anthony Salim. Anthony berhasil menjadikan Indomaret sebagai toko swalayan terbanyak di Indonesia dengan memiliki lebih dari 18 ribu gerai di seluruh Indonesia. Belum lagi ia memiliki Superindo yang memiliki gerai hampir 200 di seluruh Indonesia.

Maka dari itu konglomerat  ini masuk dalam daftar sebagai orang terkaya di Indonesia. Sebab pria keturunan Tionghoa ini memiliki kekayaan mencapai Rp 122,16 triliun di tahun 2020. Kekayaannya kemungkinan bertambah setiap tahunnya.

Deretan Konglomerat yang Punya Supermarket (CNBC Indonesia)