Ternyata Sekolah Online di Masa Sekarang Sudah Diprediksi Doraemon Jauh Bertahun-Tahun Lalu!

Ternyata Sekolah Online di Masa Sekarang Sudah Diprediksi Doraemon Jauh Bertahun-Tahun Lalu!

Kamu anak 90'an tentu tahu sosok kartun populer di masa itu, Doraemon, kan? Nah, belum lama ini, serial Doraemon  yang tayang pada tahun 1991 di Jepang ini bikin heboh publik lantaran prediksinya tentang sekolah online di masa depan.

Dalam serial tersebut, disebutkan bahwa 10 tahun mendatang akan ada sistem pembelajaran jarak jauh.

# Viral Video Prediksi Doraemon Soal Sekolah Online

Video berisi prediksi sekolah online di masa depan ini diunggah di Instagram oleh akun @suryoprabowo2011.  Di video serial Doraemon episode 1.159 tersebut, tampak tokoh Giant, Suneo, dan Nobita sedang membahas proses belajar mengajar di masa depan yang tak mengizinkan para siswa tak perlu datang ke sekolah.

Giant menyebut para siswa tidak akan datang ke  lagi karena telah menerapkan belajar dari rumah. Hal itu disebabkan karena kemajuan teknologi yang sangat membantu para siswa-siswi untuk belajar dari rumah.

Tayangan serial Doraemon yang viral (silanews.com)

Sementara itu, Suneo mengungkapkan bahwa para siswa akan diberi televisi kecil untuk mengikuti proses belajar mengajar dari rumah. Nantinya, setiap siswa akan bisa belajar di rumah hingga taman dengan santai.

"Nantinya kita tidak perlu lagi pergi ke sekolah," kata Giant.

 

Doraemon dan teman-temannya (newsmedia.co.id)

"Betul?," tanya Nobita.

"Bukan cerita dongeng loh. Sebagai ganti pergi ke sekolah, kita semua diberi satu televisi kecil. Jadi biar di rumah, taman, kita tetap bisa belajar pelajaran sekolah. Ya, kira-kira begitulah ceritanya," terang Suneo.

Dalam unggahan dijelaskan, cuplikan film ini tayang perdana di salah satu televisi swasta di Indonesia tahun 1997 dengan judul Radio Masa Depan. Sementara di negera aslinya, Jepang, cuplikan film Doraemon tersebut tayang pada 27 Desember 1991 dengan judul asli Future Radio.

"Kapan datangnya zaman itu Giant?" tanya Nobita.

"Mungkin 10 atau 20 tahun lagi, hehehe...," jawab Giant sambil terkekeh.

"Masih lama. Kita semua sudah dewasa, iya kan?," timpal Nobita agak kecewa.

Wah, kok bisa bener ya prediksi di serial Doraemon tadi? Apakah cuma kebetulan?

Patung Doraemon and friends (republika.co.id)