Tips Memasak Tanpa Minyak Goreng, Lebih Sehat dan Hemat

Tips memasak tanpa minyak ini bisa kamu terapkan ketika harga minyak goreng melambung seperti sekarang. Yuk simak caranya!

Melonjaknya harga di pasaran membuat kamu perlu tahu apa saja tips memasak tanpa minyak  goreng. Bukan hanya sebagai solusi untuk lebih hemat saja, tapi juga lebih sehat, lho! Jadi, apa saja alternatif memasak yang bisa diterapkan? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Menggunakan Air Fryer

Tips yang pertama adalah memasak menggunakan air fryer. Teknik ini bisa dilakukan tanpa menggunakan minyak sama sekali. Tapi, untuk bahan yang dibalut dengan tepung panir, sebaiknya kamu oleskan sedikit minyak atau margarin sebelumnya, agar alat tidak rusak.

2. Memanggang (Roasting)

Meminimalisir penggunaan minyak goreng, metode ini cocok diterapkan untuk memasak ikan atau ayam. Tidak menutup kemungkinan bahwa proses ini dilakukan juga untuk sayuran, karena hasilnya akan lebih renyah dan terkaramelisasi sempurna.

3. Membakar (Grill)

Tips Memasak Tanpa Minyak (via Halodoc)

Membakar jadi salah satu teknik memasak yang umum digunakan selain menggoreng. Dibakar di atas arang, rasa dan aromanya sangat khas, sehingga tak heran jika makanan yang dimasak dengan teknik ini jadi favorit banyak orang, seperti sate, ikan bakar, dan ayam bakar.

4. Merebus dan Mendinginkan (Blanch)

Tips Memasak Tanpa Minyak (via Liputan6)

Tips yang satu ini adalah untuk mengolah masakan yang menggunakan sayuran, seperti pecel, gado-gado, dan karedok. Metode blanch meliputi merebus sayuran dengan air mendidih selama 30 detik kemudian meniriskan dan memasukkannya segera ke dalam air es. Tujuannya agar tekstur alami sayuran tetap terjaga.

Dengan mengetahui sederet tips memasak tanpa minyak  goreng di atas, semoga kamu segera menerapkannya dan merasakan manfaatnya, ya. Lebih sehat dan hemat, tentunya.

Tips Memasak Tanpa Minyak (via iNews)