Gampang Lapar Saat Puasa? Coba Konsumsi 5 Menu Ini Saat Sahur Untuk Kenyang Lebih Lama

5 menu sahur yang bisa membuat kenyang lebih lama, salah satunya telur rebus.

Puasa  hanya tinggal menghitung hari. Salah satu keluhan yang banyak dialami umat Muslim ketika memasuki bulan Ramadhan adalah lapar . Memang, pemeluk agama Islam dilarang makan dan minum selama kurang lebih 12 jam sebelum waktunya berbuka. Meski begitu, masih banyak orang yang mengeluh lapar saat puasa, terutama di siang hari.

Rupanya, hal ini juga dipengaruhi dari makanan sahur yang kamu santap loh! Untuk membuat rasa kenyang lebih lama, disarankan untuk konsumsi makanan yang kaya serat. Apa saja itu? Berikut 5 menu  sahur yang dijamin tidak membuat kamu cepat lapar.

1.    Selai Kacang

Kacang merupakan sumber protein yang sangat baik untuk tubuh. Tidak hanya itu, kacang juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang bagus untuk kesehatan. Sehingga, olahan kacang termasuk selain kacang bisa jadi pilihan menu sahur yang tepat. Bahkan minyak yang terdapat dalam selai kacang bisa membantu menurunkan berat badan. Kamu juga bisa menggabungkan selai kacang dengan bahan makanan lain seperti potongan roti gandum dan irisan pisang untuk membantu hari-hari kita tetap kenyang.

2.    Telur Rebus

Telur rebus juga menjadi salah satu menu sahur yang direkomendasikan. Telur rebus memiliki kandungan protein yang tinggi dan juga kandungan vitamin D yang sehat. Meskipun sebagian orang menghindari telur karena kadar kolesterolnya yang tinggi, tetapi hal ini tidak begitu mempengaruhi manfaat lainnya. Kamu juga bisa menambahkan roti panggang dan irisan tomat untuk menambah serat dalam hidangan sahurmu.

3.    Kentang Rebus

Foto: Menu Sahur (Halodoc)

Kentang diketahui sebagai makanan yang sangat padat dan kaya akan pati, vitamin C, dan beberapa nutrisi sehat lainnya. Sebuah studi pada 2013 yang diterbitkan dalam Annals of Nutrition & Metabolism memberi partisipan empat lauk berbeda dengan roti putih sebagai makanan referensi. Peneliti menemukan makanan berbahan dasar kentang lebih efektif untuk mengurangi nafsu makan, dibandingkan dengan lauk lainnya. Sehingga, menu kentang rebus bisa ditambahkan dalam sajian menu sahur kamu untuk menahan lapar lebih lama.

4.    Alpukat

Alpukat mengandung lemak tak jenuh yang aman untuk dikonsumsi secara rutin. Tidak hanya itu saja, alpukat juga kaya akan kandungan vitamin A,B,C,E, dan K, karbohidrat, protein, folat, hingga magnesium. Alpukat juga bisa menjadi pilihan menu sahur karena bisa membuat rasa kenyang bertahan lebih lama sehingga energi tubuh dilepaskan perlahan. Lemak pada alpukat juga dipercaya menyehatkan lapisan usus, sehingga mengurangi risiko sembelit dan mencegah gejala sindrom iritasi usus besar. Kamu bisa menikmati alpukat dengan menambahkannya dalam sajian salad kamu.

5.    Smoothies

Foto: Menu Sahur (TIMES Indonesia)

Selain dikonsumsi secara langsung, buah-buahan juga bisa dinikmati saat sahur dalam bentuk smoothies. Menu ini membantu menjaga agar tetap kenyang. Kamu cukup mencampurkan buah dengan campuran biji chia kering, yogurt, anggur serta es halus. Kandungan satu porsi smoothies ini kaya akan omega 3, serat, dan protein yang juga bisa menjaga keseimbangan gula darah. Menu ini juga bisa dibuat jika kamu terlambat bangun sahur. Sebab, smoothies sangat mudah dibuat.

Foto: Menu Sahur (Halodoc)