Belajar dari Asmirandah, Ini Bahaya Covid-19 pada Ibu Hamil dan Janin

Asmirandah mengabarkan bahwa dia mengalami keguguran pasca terinfeksi Covid-19. Seberapa besar bahayanya untuk ibu hamil dan janin?

Baru-baru ini, Asmirandah mengabarkan berita duka. Istri Jonas Rivano itu baru saja mengalami keguguran, pasca terinfeksi Covid-19 , sehingga harus kehilangan calon anak kedua. Dia pun mengungkapkan rasa duka mendalam karena musibah yang menimpanya tersebut.

Selama terinfeksi virus corona, Asmirandah memang tak bisa melakukan cek kandungan. Setelah pulih, dia pun melakukan kontrol, namun justru mendapati berita duka. Bayi dalam kandungannya ternyata sudah tak lagi memiliki detak jantung.

Faktanya, berdasarkan berbagai sumber, perempuan hamil memang memiliki risiko yang cukup besar jika sampai terinfeksi Covid-19. Virus bisa mempengaruhi janin, sehingga menimbulkan berbagai masalah. Inilah beberapa bahaya virus corona pada ibu hamil:

1. Gejala yang Lebih Parah Disertai Komplikasi

Ibu hamil memang rentan mengalami berbagai masalah kesehatan, terutama tekanan darah tinggi. Selain itu, imunitas tubuh cenderung menurun karena ada sebagian nutrisi yang terserap untuk perkembangan janin. Karenanya, gejala yang ditunjukkan kemungkinan bisa lebih parah dan susah sembuh, terutama jika yang bersangkutan memiliki penyakit bawaan.

2. Lahir Prematur

Bahaya Covid-19 pada Ibu Hamil dan Janin (via Detik)

Karena virus ini terbilang baru, berbagai kemungkinan dampaknya memang masih simpang siur. Namun karena kondisi ibu umumnya menurun saat hamil, hal ini pastinya juga akan berdampak pada janin. Karenanya, jika kondisi tidak memungkinkan, umumnya dokter akan menyarankan untuk mengeluarkan bayi lebih awal demi mengantisipasi kemungkinan buruk.

Selain itu, kemungkinan lahir prematur kemungkinan bukan diakibatkan oleh virus, melainkan karena komorbid atau komplikasi yang dialami oleh ibu. Misalnya jika tekanan darah terlalu tinggi, maka janin juga akan terkena imbas.

3. Menular pada Janin

Bahaya Covid-19 pada Ibu Hamil dan Janin (via Alodokter)

Sejak pertama kali merebak, ditemukan sejumlah bayi lahir dengan kondisi positif Covid-19. Meski demikian, hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan apakah infeksi tersebut didapat sejak dalam kandungan atau karena kontak dengan ibu yang positif terinfeksi.

4. Kemungkinan Bayi Lahir Cacat

Bahaya Covid-19 pada Ibu Hamil dan Janin (via Suara)

Akademi Obstetri dan Ginekologi Amerika Serikat (ACOG) hingga saat ini masih belum bisa mematikan seberapa besar dampak infeksi Covid-19 pada janin. Namun karena imun tubuh ibu yang lemah, muncul kekhawatiran bahwa bayi akan lahir cacat.

Karena risiko-risiko di atas, ibu hamil memang sangat rentang pada berbagai macam penyakit, tak terkecuali Covid-19. Karenanya, kamu harus selalu menjaga kesehatan, terutama saat mengandung dan menyusui. Semoga Asmirandah  segera pulih!

Bahaya Covid-19 pada Ibu Hamil dan Janin (via Alodokter)