Bye Leher Hitam! 5 Cara Alami Ini Bisa Mencerahkan Kulit Leher Anti Ribet dan Tanpa Perlu Biaya Mahal

5 cara alami yang bisa dilakukan untuk menghilangkan leher hitam dan membuatnya cerah Kembali.

Leher hitam  merupakan salah satu kondisi yang sangat menyebalkan karena bisa menganggu penampilan. Bagaimana tidak, letaknya yang ada di bawah kepala dan cukup terlihat jelas. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan leher hitam mulai dari faktor genetik, kebersihan yang kurang terjaga, paparan sinar matahari, kegemukan ataupun penyakit yang dipicu oleh gangguan insulin.

Untuk menghilangkannya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Cara ini juga terbilang alami dan tidak perlu mengeluarkan biaya mahal. Apa saja cara alami untuk menghilangkan leher hitam? Scroll artikel ini buat jawabannya!

1. Membersihkan Leher

Leher terkadang menjadi bagian yang sering dilupakan saat membersihkan tubuh atau mandi. Jika sering diabaikan, maka lama-kelamaan kotoran dan daki akan terus menumpuk lalu menebal sehingga menyebabkan leher hitam. Jadi mulai biasakan diri untuk membersihkan leher terutama bagian belakangnya secara rutin dengan sabun, minimal dua kali sehari.

2. Kontrol Berat Badan

Cara menghilangkan leher hitam lainnya adalah dengan mengontrol berat badan. Pasalnya, seseorang yang mengalami berat badan berlebih atau obesitas cenderung memiliki leher hitam. Maka penurunan berat badan ini dipercaya bisa mengurangi acanthosis nigricans yang kamu alami. Oleh karena itu, kamu bisa memulai pola hidup dengan olahraga ringan lalu mengatur pola makan yang lebih sehat.

3. Menggunakan Baking Soda

Foto: Leher Hitam (Tribun)

Baking soda merupakan salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan hitam di leher. Baking soda membantu mengangkat lapisan kulit mati dan kusam pada leher. Bahan ini juga bisa meningkatkan sirkulasi darah sehingga kulit akan ternutrisi dari dalam.

Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mencampurkan air dengan 2-3 sendok makan baking soda sampai terbentuk pasta masker yang halus. Kemudian oleskan pada area leher dan biarkan sampai mengering lalu gosok dengan jari-jari tangan. Setelahnya, bilas menggunakan air bersih. Ulangi cara ini setiap hari selama kurang lebih 1 minggu untuk melihat hasilnya dengan optimal.

4. Cuka apel

Cuka apel juga diyakini dapat menyeimbangkan pH kulit sehingga membuat kulit tampak cerah secara alami. Bahan ini juga bisa menghilangkan sel-sel kulit mati yang menumpuk pada permukaan area leher penyebab kulit gelap dan kusam. Cuka apel juga diketahui mengandung asam malat yang merupakan eksfoliator alami.

Cara menggunakannya, kamu bisa mengambil 2 sendok makan cuka sari apel dan campurkan dengan 4 sendok makan air. Aduk rata lalu oleskan larutan ini dengan kapas dan biarkan selama 10 menit. Setelah selesai, bilas dengan air. Kamu bisa mengulangi proses ini setiap dua hari sekali.

5. Kentang

Foto: Leher Hitam (IDN Times)

Kentang juga dipercaya memiliki khasiat yang dapat mencerahkan kulit sampai batas tertentu. Kentang membantu menghilangkan bercak gelap dan membuat warna kulit merata. Cara memutihkan leher yang hitam dengan kentang bisa dilakukan dengan cara memarut kentang lalu memerasnya. Kemudian oleskan sari kentang di leher dan biarkan mengering sepenuhnya sebelum dibilas dengan air hangat. Kamu bisa mengulangi cara ini dua kali setiap hari atau sesuai kebutuhan.

Foto: Leher Hitam (Hipwee)