5 Gerakan Olahraga Yang Membantu Agar Cepat Hamil, Patut Dicoba Pejuang Garis Dua

5 gerakan olahraga yang membantu untuk cepat hamil salah satunya pose cobra.

Yoga  merupakan salah satu olahraga  yang baik dilakukan untuk program hamil . Walaupun tidak menjamin akan langsung terjadi pembuahan, tapi olahraga ini bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan dengan cara menghilangkan stres. Ada kalanya seseorang mengalami stres dan banyak pikiran saat menanti buah hati. Stres ini ternyata juga sangat berpengaruh pada tingkat kesuburan.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa rutin yoga selama 6 minggu menurunkan tingkat stres dan kecemasan secara drastis sehingga dapat meningkatkan peluang kehamilan. Jenis olahraga ini dilakukan dengan mengatur pernapasan, meditasi, dan memposisikan tubuh serileks mungkin. Berikut ini 5 gerakan yoga yang bisa membantu untuk cepat hamil.

1.    Pose Cobra (Bhujangasana)

Gerakan ini merupakan salah satu pose yoga terbaik untuk meningkatkan kesuburan. Pasalnya, Bhujangasana membantu meningkatkan aliran darah ke rahim dan indung telur. Tidak hanya itu, pose cobra juga menciptakan keseimbangan hormon dan produksi lendir yang membuat sperma lebih mudah mencapai sel telur.

Cara melakukan gerakan ini, kamu perlu berbaring dengan telapak tangan menghadap lantai dan kaki di atas lantai. Kemudian tarik napas perlahan dan buang napas, saat mengangkat bagian atas tubuh. Lengkungkan punggung sambil mendorong kaki, tangan dan pinggul ke bawah. Tahan pose selama sekitar 30 detik. Lalu lepaskan tubuh dan berbaring rata di lantai.

2.    Supta Baddha Konasana

Foto: Gerakan Yoga (Indosport)

Supta Baddha Konasana juga merupakan salah satu gerakan yoga untuk program hamil yang bisa dicoba. Gerakan ini bermanfaat membuat tubuh lebih rileks, meningkatkan dorongan seks serta memperbesar kesempatan agar cepat hamil. Untuk melakukan pose ini, kamu perlu membuka pinggul dan panggul. Posisikan tubuh berbaring di atas lantai.

Kemudian, letakan tangan di atas perut dan tekuk kedua kaki. Tempelkan kedua telapak kaki sehingga membentuk permata dan atur pernapasan selama 3 hingga 5 menit. Jika muncul rasa tegang di sekitar pinggul, selipkan selimut atau handuk agar lebih terasa nyaman.

3.    Pose Kaki di Dinding (Viparita Karani)

Foto: Gerakan Yoga (Do You Yoga)

Pose ini memiliki kemampuan untuk menjaga sperma di dalam tubuh agar dekat dengan rahim, sehingga bisa meningkatkan kemungkinan hamil. Cara melakukannya pun sangat mudah. Cukup berbaring di atas tempat yang rata. Kemudian, angkat kaki lurus ke atas menempel pada dinding. Tahan pose ini selama 15 hingga 20 menit.

4.    Bridge pose

Foto: Gerakan Yoga (The Indian Med)

Gerakan bridge pose memiliki manfaat untuk membantu menguatkan pinggul, panggul, dan punggung bawah. Pose ini juga dapat merangsang sistem kekebalan dan sistem endokrin yang bertanggung jawab untuk mengontrol hormon. Cara melakukan gerakan yoga ini, kamu perlu memposisikan tubuh berbaring telentang dengan lutut di tekuk lebar dan telapak kaki menempel lantai.

Letakkan tangan di sisi tubuh, buang napas lalu dorong punggung ke atas sampai bokong ikut terangkat. Tahan pose ini sekitar 5 sampai 15 menit dan atur napas dalam-dalam. Kemudian turunkan punggung dan bokong kembali ke lantai. Ulangi gerakan sebanyak 2 kali.

5.    Yogini squat

Foto: Gerakan Yoga (Indoindiana)

Gerakan yogini squat dapat menguatkan dasar panggul dan meningkatkan gairah seksual. Untuk mempraktikkan gerakan ini, kamu perlu memposisikan diri dengan berjongkok namun renggangkan kedua kaki. Pastikan telapak kaki ke arah menyerong dan tumit menyentuh lantai.

Lalu, tempelkan kedua telapak tangan di depan dada dan benarkan posisi punggung agar lebih tegak. Tahan selama beberapa saat sambil atur pernapasan kamu. Jika merasa sakit saat jongkok, jangan paksakan untuk melakukan gerakan ini.

Foto: Gerakan Yoga (Orami)