Sering Diabaikan, Ini 5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Bagaimana cara menjaga kesehatan mental agar tetap sehat baik secara fisik maupun psikologis di tengah pandemi yang berkepanjangan? Berikut ulasannya!

Memahami cara menjaga kesehatan mental  adalah hal yang sangat baik dan penting karena secara langsung mempengaruhi semua yang kita lakukan, pikirkan, dan katakan. Serta secara signifikan mempengaruhi kesejahteraan psikologis, emosional. dan sosial.

Upaya untuk mewujudkannya adalah dengan cara yang positif dan produktif dan bukan hanya dilakukan dalam sekali saja kemudian kita lupakan. Semua perlu dilakukan secara sadar dan menjadi kebiasaan. Nah, berikut ini sederet cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental. Check it out!

1. Menjalin Hubungan Baik dengan Sekitar

Cara pertama yang harus dilakukan adalah mempertahankan hubungan baik dengan orang-orang yang selalu mendukungmu dalam hal positif. Mungkin tidak banyak orang, tapi kembangkan dan pertahankan hubungan yang kuat dengan mereka.

2. Kelola Stres dengan Baik

Cara Menjaga Kesehatan Mental (via The Active Times)

Situasi yang tidak terduga dan membuat stres memang tidak bisa dihindari. Yang bisa kamu lakukan untuk menjaga mental tetap stabil adalah mengenali diri ketika stres dan bagaimana kamu bereaksi terhadapnya. Untuk mengatasi reaksi yang berlebihan dan merugikan, kamu bisa lakukan relaksasi pernapasan, yoga, atau meditasi.

3. Lakukan Hal yang Menyenangkan Setiap Hari

Cara Menjaga Kesehatan Mental (via Zippy Writers)

Sepadat-padatnya aktivitasmu setiap hari, luangkan waktu untuk melakukan dan menikmati hal-hal yang kamu suka dan membuat hatimu senang. Tertawalah!

4. Istirahat Cukup dan Teratur

Cara Menjaga Kesehatan Mental (via Farmaku)

Usahakan untuk tidur minimal 7 jam sehari karena tidur akan memulihkan pikiran dan tubuhmu. Matikan ponsel dan komputer satu jam sebelum tidur.

5. Jaga Diri dan Lakukan Pola Hidup Sehat

Cara Menjaga Kesehatan Mental (via Dream)

Kamu akan lebih mudah merasa bahagia jika tubuhmu merasa baik. Mulai dan pertahankan pola hidup yang sehat. Makan dan minum yang enak, bergizi, dan seimbang. Berolahraga secara rutin. Kurangi dan berhenti mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang.

Penting untuk disadari bahwa kesehatan fisik dan mental saling berkaitan. Untuk itu, lakukan sederet cara menjaga kesehatan mental  di atas dan jadikan kebiasaan mulai dari sekarang.

Cara Menjaga Kesehatan Mental (via Lifepack)