Mau Nikahi Wanita Arab? Cek Dulu Syarat-syarat yang Harus Dipenuhi

Jika pria Indonesia ingin menikahi wanita Arab Saudi, perlu memenuhi banyak syarat lho.

Beberapa waktu lalu sebuah akun YouTube Maz Giyo menceritakan betapa sulitnya pria Indonesia bila ingin menikah dengan wanita Arab Saudi . Sebab “harga” atau mahar pernikahan yang harus diberikan sangat mahal

 “ Di Arab banyak pria yang jadi bujang lapuk karena belum mampu nikahi wanita Arab, uangnya meman harus banyak,” katanya lagi. Pria itu pernah melihat pernikahan wanita Arab, saat menikah si wanita mendapatkan uang banyak karena sudah memberitahukan mahar yang diminta.

Selain itu perizinan untuk menikahi wanita Arab dari pemerintah setempat cukup sulit. Namun kini izin kabarnya lebih mudah dan bisa dipenuhi oleh pria Indonesia.Dilansir dari channel YouTube Abdulroaman Akam, ia mengatakan bahwa pemerintah Arab Saudi sudah memberikan keleluasaan jika pria Indonesia atau pria dari  negara lain mau menikahi wanita Arab. Berikut beberapa syaratnya.

1.    Usia Wanita Arab

Pemerintah Arab Saudi menentukan usia wanita Arab yang mau menikah dengan pria dari negara lain. Wanita itu minimal berusia 25 tahun dan maksimal 50 tahun. Jika wanita itu lebih muda atau lebih tua dari batas usia, pemerintah melarang pernikahan dilangsungkan.

2.    Perbedaan Usia Pengantin

Selain menentukan usia wanita, perbedaan usia pengantin pria dan wanita juga tidak boleh lebih dari 15 tahun. Pemerintah akan melarang jika perbedaan usia lebih dari 15 tahun.

3.    Orangtua Wanita Mengizinkan

Di Arab Saudi yang namanya wali atau orangtua wanita memang harus mengetahui dan mengizinkan pernikahan anaknya dengan pria asing. Jadi tidak mungkin terjadi saat pernikahan wanita Arab tidak mendapatkan restu, maka pernikahan dibatalkan.

Mau Nikahi Wanita Arab, Cek Dulu Syarat-syarat yang Harus Dipenuhi (Republika)

4.    Melampirkan Dokumen Pribadi

Sebagai pria yang akan menikahi wanita Arab, pria tersebut harus melampirkan surat-surat dokumen pribadi, semisal paspor atau kartu identitas, atau KTP khusus untuk pria Indonesia untuk diserahkan kepada pemerintah Arab Saudi.

5.    Melampirkan Gaji

Seorang pria yang mau menikah dengan wanita Arab Saudi  harus menunjukan gaji atau penghasilan bulanan yang didapatkan. Termasuk status pekerjaan yang dijalaninya. Nanti dilihat apakah dengan penghasilan sebesar itu mampu atau tidak menafkahi wanita Arab yang dikenal memiliki gaya hidup cukup tinggi.

Mau Nikahi Wanita Arab, Cek Dulu Syarat-syarat yang Harus Dipenuhi (Viva)