Gak Perlu Repot Uleni dan Proofing, Ini Resep Donat Cair Cuma Pakai Centong Sayur

Resep donat cair tanpa perlu diuleni dan proofing. Cukup mencetaknya dengan menggunakan centong sayur.

Beberapa dari kamu mungkin belum familiar dengan donat cair . Biasanya, donat dibuat dalam bentuk padat setelah diuleni dan proofing atau proses pengistirahatan donat. Tapi donat cair tidak perlu melakukan itu. Donat cair ini memang terbilang masih baru. Disebut donat cait karena adonan yang digunakan berbentuk cair sebelum akhirnya digoreng. 

Donat cair ini bisa dibuat dengan cetakan atau hanya dengan centong sayur saja. Meski begitu, dalam proses pembuatannya diperlukan teknik khusus agar adonan tidak menempel pada cetakan ataupun terhambur saat digoreng. Penasaran kan bagaimana cara membuatnya? Berikut ini resep  donat cair hanya menggunakan centong sayur yang dirangkum dari YouTube Tri Pujis.

Bahan-Bahan Donat Cair:

4 butir Telur

250 gram Gula

1 sdt Emulsifier/SP

1/2 sdt Vanili Bubuk

500 gram Tepung Terigu

50 gram Susu Bubuk

1 sdt Garam

400 ml Santan

Topping: 

150 gram DCC atau coklat batang, dipotong kecil-kecil

4 sdm Minyak

Foto: Donat cair (YouTube/Tri Pujis)


Cara Membuat Donat Cair:

- Pecahkan telur ke dalam wadah lalu tambahkan gula, Emulsifier/SP dan Vanili. Mixer dengan kecepatan tinggi sampai putih pucat dan kental berjejak.

- Masukkan tepung terigu, susu bubuk, garam dan santan. Kemudian mixer kembali sampai tercampur rata.

- Pindahkan adonan ke gelas ukur atau teko agar lebih mudah untuk proses menggorengnya.

- Sebelum itu, masukkan minyak yang banyak ke dalam penggorengan. Lalu rendam centong sayur yang akan kamu gunakan ke dalam minyak sampai panas.

- Tuang adonan ke dalam centong sampai agak penuh. Namun adonan jangan langsung dicelupkan ke minyak ya! 

- Goyang-goyangkan centong dulu di atas minyak sebentar sampai adonan bisa lepas dari centong. Lalu perlahan keluarkan adonan dari centong.

- Goreng menggunakan api kecil saja. Balik donat setelah sisi bawah berubah kuning kecoklatan. Setelah semua sisi donat matang, angkat dan tiriskan.

- Untuk topping, tim coklat sampai meleleh. Kemudian tambahkan minyak goreng. Aduk sampai tercampur rata. Setelah tercampur, matikan api lalu angkat coklat.

- Celupkan permukaan donat ke dalam coklat leleh. Lakukan cara yang sama sampai donat habis. Mudah bukan? Selamat mencoba! 

Foto: Donat cair (YouTube/Tri Pujis)