5 Gerakan Olahraga Untuk Atasi Sakit Pinggang, Cegah Nyeri Datang Lagi Secara Alami Tanpa Obat

5 gerakan olahraga untuk sakit pinggang. Mencegah nyeri datang secara alami tanpa menggunakan obat.

Sakit pinggang  merupakan suatu kondisi yang hampir semua orang pernah mengalaminya. Sakit pinggang dapat disebabkan oleh berbagai masalah seperti otot, tulang hingga saraf terjepit. Kondisi ini terkadang membuat penderitanya menjadi tidak nyaman untuk bergerak dan akhirnya memilih mengkonsumsi obat untuk meredakannya.

Padahal sakit pinggang bisa diatasi secara alami loh! Lakukan gerakan-gerakan olahraga  sederhana ini secara rutin agar masalah sakit pinggang bisa teratasi. Gerakan berikut tentunya bisa dilakukan di rumah. Scroll artikel ini buat penjelasannya ya!

1. Pelvic Tilts

Gerakan ini dapat membantu melemaskan otot pinggang yang tegang dan membuatnya tetap fleksibel. Gerakan pelvic titls dimulai dengan posisi berbaring menggunakan bantalan di bawah kepala. Tekuk kedua lutut dengan kaki menapak pada lantai. Berikan jarak pada kedua kaki dan posisikan kedua lengan di sisi tubuh.

Biarkan tubuh bagian atas dalam posisi rileks, kemudian perlahan-lahan angkat pinggang sampai membentuk lengkungan. Tahan posisi selama 5 detik, kemudian lepaskan. Ulangi gerakan ini sebanyak 10-15 kali. Kamu bisa meningkatkan jumlah latihan secara perlahan sesuai kemampuan kamu.

2. Knee Rolls

Gerakan Atasi Sakit Pinggang (OpenFit)

Knee rolls meredakan sakit pinggang dengan cara relaksasi otot pinggang yang tegang. Posisikan tubuh berbaring dengan bantalan di kepala. Tekuk kedua lutut dan rapatkan. Kemudian miringkan lutut ke satu sisi dengan mempertahankan posisi bahu pada lantai. 

Tahan posisi selama 5 sampai 10 detik, kemudian kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan dengan memiringkan lutut pada sisi lainnya. Lakukan gerakan ini sebanyak 8-10 kali pada masing-masing sisi. Kamu juga boleh menambahkan batalan di antara kedua lutut agar lebih nyaman.

3. Cat Stretches

Gerakan Atasi Sakit Pinggang (Jeyoil.com)

Gerakan ini dilakukan dengan posisi merangkak. Cara melakukannya, posisikan tangan dan lutut menahan tubuh (seperti posisi merangkak). Berikan jarak antara kedua lutut lalu dorong perut ke atas sehingga terbentuk lengkung pada punggung. Tahan posisi tersebut dalam 5 detik. Secara perlahan kembalikan tubuh ke posisi normal. Ulangi gerakan ini sebanyak 3 sampai 5 kali dalam sehari.

4. Superman

Gerakan Atasi Sakit Pinggang (Popsugar)

Gerakan superman dilakukan dengan posisi tengkurap dan meluruskan kedua tangan ke depan. Kemudian angkat kedua tangan dan kaki ke atas, kira-kira sejauh 15 cm dari lantai. Jaga posisi kepala agar tetap lurus dan arahkan pandangan ke lantai untuk mencegah cedera pada leher. Tahan posisi selama 2 detik, lalu kembali ke posisi semula. Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali atau sesuai kemampuan kamu.

5. Ekstensi pinggang

Gerakan ini dilakukan dengan posisi telungkup dengan kedua siku menekuk pada sisi tubuh. Posisi leher juga harus tegak dengan pandangan menghadap ke lantai. Lakukan gerakan mendorong dengan kedua tangan agar pinggang membentuk lekukan ke atas. Kamu bisa merasakan ketegangan di perutmu saat melakukan gerakan ini. Tarik napas dan tahan posisi selama 5 sampai 10 detik, kemudian kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan ini sebanyak 8 sampai 10 kali.

Gerakan Atasi Sakit Pinggang 4 (Workout Trends)