Apa Penyebab Kedutan Mata Kanan Atas? Ini Penjelasannya Menurut Medis

Kedutan mata kanan atas sering diartikan sebagai pertanda tertentu melalui primbon. Padahal, ada kok penjelasan yang sebenarnya menurut medis.

Banyak orang sering mengalami kedutan mata kanan atas. Primbon  atau kepercayaan Jawa mengartikan hal ini sebagai pertanda akan beberapa hal, mulai dari keberuntungan hingga berita duka.

Dalam dunia medis, kondisi ini disebut dengan orbikularis myokymia dan bisa dijelaskan secara logika. Kedutan di mata kanan atas disebabkan oleh kontraksi spontan di kelopak mata. Biasanya, kedutan juga dirasakan sampai ke area dekat alis.

Menurut ahli, terjadinya kontraksi spontan di mata kanan atas bisa disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu:

1. Mata yang lelah karena terlalu lama menatap layar ponsel atau komputer

2. Kurang istirahat karena pikiran sedang stres

3. Terlalu banyak mengkonsumsi kafein, rokok, atau alkohol

4. Iritasi mata

5. Kekurangan sejumlah nutrisi, khususnya magnesium

6. Tubuh sedang melepas histamin karena terpapar alergen

7. Kondisi mata yang kering

8. Efek samping setelah mengkonsumsi obat tertentu

Penyebab Kedutan Mata Kanan Atas Menurut Medis (via KlikDokter)

Tidak hanya itu saja, terjadinya kedutan mata kanan atas bisa saja merupakan gejala penyakit berbahaya, seperti blefarospasme dan spasme hemifasial. Gejala lanjutan blefarospasme adalah mata tertutup dan tidak bisa terbuka lagi. Sedangkan hemifasial, kedutan dirasakan juga di seluruh bagian wajah.

Kedutan mata yang dialami setiap orang berbeda-beda intensitasnya dan akan hilang dengan sendirinya. Namun, apabila kontraksi spontan tersebut terjadi secara konstan bahkan disertai gangguan-gangguan lainnya, seperti kedutan di area wajah lainnya, mata berair dan merah, sebaiknya segera periksakan ke dokter mata.

Penyebab Kedutan Mata Kanan Atas Menurut Medis (via DetikHealth)

Untuk meredakan kedutan mata kanan atas , yang perlu dilakukan adalah memberi waktu mata untuk istirahat dari tatapan ke layar, menghindari stres, dan mengurangi konsumsi kafein, rokok, dan alkohol. Jika sudah berobat, obatilah mata dengan obat tetes mata dari dokter.

Penyebab Kedutan Mata Kanan Atas Menurut Medis (via Hallo Moms)