Ada Mall di Brunei Darussalam yang Hampir Seluruh Pegawainya Orang Indonesia, Ternyata Gajinya Emang Gede Banget

Sebuah mall di Brunei Darussalam bernama Plaza Abdul Razak mayoritas pegawainya adalah orang asal Indonesia.

Tidak sedikit orang Indonesia  yang bekerja di negara tetangga salah satunya Brunei Darussalam . Menjadi seorang PMI atau Pekerja Migran Indonesia, mereka bekerja di sebuah mall di negara yang berbatasan dengan Malaysia tersebut.

Plaza Abdul Razak adalah mall atau pusat perbelanjaaan dengan mayoritas orang Indonesia bekerja di sana. Dilansir dari Lombokinsider, para PMI sudah lama bekerja di mall tersebut.

Rata-rata para PMI yang bekerja di Plaza Abdul Razak selama 4empat tahun lamanya. Sudah lama bekerja, membuat gaji yang mereka terima rata-rata cukup besar, bahkan melebihi gaji pegawai mall di Indonesia.

Beberapa PMI merasa nyaman bekerja di pusat perbelanjaan tersebut dan berpikir dua kali jika memutuskan untuk mengundurkan diri. “ Saya merasa nyaman sekali kerja di sini,” papar salah seorang pegawai mall tersebut.

Salah satu pegawai juga membocorkan gaji yang mereka terima setiap bulannya. Misalnya seorang pegawai yang bekerja di restoran, pria asal Surabaya, Jawa Timur. Dalam sebulan ia bisa mendapatkan gaji sekitar 1.000 dollar Brunei atau sekitar Rp 10 juta.

Pegawai di Plaza Abdul Razak (Lombokinsider)

Pria bernama Arif itu sudah delapan tahun di Plaza Abdul Razak. Sama halnya dengan pegawai lainnya, kunci betah bekerja di mall itu karena faktor kenyamanan yang sulit didapatkan di tempat lainnya.

Mungkin saja yang membuat para PMI betah karena 99 persen pegawai di mall tersebut adalah orang Indonesia . Tentu mereka akan berpikir dua kali jika harus pindah kerja atau keluar dari Brunei Darussalam .

Plaza Abdul Razak (Pikiran Rakyat)