Deretan Makanan Pengganti Karbohidrat Terbaik, Cocok untuk Diet!

Salah satu sumber karbohidrat yang biasa kita konsumsi sehari-hari terdapat pada nasi. Namun bagi orang yang sedang menjalani diet, mereka butuh makanan pengganti karbohidrat.

Agar tubuh mendapat asupan sumber energi, manusia perlu untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. Salah satu sumber karbohidrat yang biasa kita konsumsi sehari-hari terdapat pada nasi. Namun bagi orang yang sedang menjalani diet, mereka butuh makanan pengganti karbohidrat.

Nah, bagi yang sedang menjalani diet, berikut daftar makanan pengganti karbohidrat yang bisa dikonsumsi tanpa perlu takut diet kamu gagal. 

Shirataki

Shirataki adalah mie khas Jepang yang terbuat dari serat akar tanaman konjac atau konnyaku bernama glucomannan. Mi ini direkomendasikan untuk kamu yang menjalani program diet karena mengandung 3 kkal kalori di setiap 85 gramnya. 

Jagung

Deretan Makanan Pengganti Karbohidrat Terbaik (via Shopee)

Kamu tentu tidak asing lagi dengan nasi jagung. Makanan khas Indonesia ini ternyata baik untuk kesehatan dan dapat mengganti asupan karbohidrat dari nasi, loh. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa jagung mengandung 86 kalori yang baik untuk tubuh, selain itu jagung juga kaya akan kandungan vitamin B. 

Nasi Merah

Deretan Makanan Pengganti Karbohidrat Terbaik (via Tokopedia)

Jika kamu masih kesulitan lepas dari nasi, kamu bisa mencoba untuk mengkonsumsi nasi merah. Seperti halnya nasi putih, nasi merah juga merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh. Selain itu, nasi merah juga mengandung vitamin B6, zinc, dan juga zat besi.

Ubi Jalar

Deretan Makanan Pengganti Karbohidrat Terbaik (via Liputan6 com)

Ubi jalar mengandung sekitar 86 kkal kalori dan 1,6 gram protein dalam setiap 100 gram. Itu alasan mengapa ubi jalar baik dikonsumsi untuk orang yang sedang menjalani diet.

Brokoli

Deretan Makanan Pengganti Karbohidrat Terbaik (via Hello Sehat)

Jika kamu tak ingin repot mengolah atau memasak bahan makanan, brokoli adalah pilihan yang tepat. Dengan cara dikukus atau direbus, brokoli sudah bisa kamu santap sebagai pengganti nasi. Sayuran ini mengandung vitamin C, serat, dan juga kalori yang cukup untuk menambah energi dalam satu hari penuh.

Selain deretan makanan pengganti karbohidrat  di atas, kamu juga bisa memilih mengkonsumsi kacang-kacangan, singkong, dan kubis sebagai pengganti nasi. Yuk mulai diet sehat hari ini!

Deretan Makanan Pengganti Karbohidrat Terbaik (via IDN Times)