4 Ikan Purba Mengguncang Dunia Karena Masih Bertahan di Abad Ini

deretan ikan purba yang masih hidup hingga saat ini

Disebut ikan purba karena keberadaanya yang pernah hidup berdampingan dengan dinosaurus. Yang membuat heboh adalah beberapa ikan purba tersebut masih tetap bertahan di abad-21 ini.

Nah mari kita simak ikan purba apa saja yang masih hidup hingga saat ini. Cek selengkapnya berikut ini.

Coelacanth

Merupakan ikan purba yang paling terkenal diantara lainnya. Ikan ini harusnya sudah punah pada periode Cretaceous, bersamaan dengan dinosaurus. Namun pada tahun 1938, coelacanth tertangkap hidup di Afrika Selatan. Bahkan spesies kedua ditemukan di Indonesia pada tahun 1999. Ikan ini predator besar yang bisa tumbuh hingga 2 meter, memakan ikan yang lebih kecil termasuk hiu kecil dan terancam punah.

Polypterus senegalus

(wikipedia)

Sering disebut juga sebagai belut dinosaurus karena perawakannya yang dapat kamu lihat dari atas. Ikan ini ditemukan sejak masa Cretaceous dan sekarang bisa dijual sebagai hewan peliharaan. Mereka mampu bertahan hidup di luar air dalam jangka waktu yang lama asalkan kulit mereka tetap basah.

Alligator Gar

(wikipedia)

Ikan air tawar terbesar di Amerika Utara ini dapat tumbuh hingga 4 meter dengan berat mencapai 200kg. Disebut Alligator gar karena penampilannya menyerupai reptil dan mampi menggigit manusia.

Sawfish

(Photo TPWD via athensreview.com)

Hiu gergaji ini telah hidup sejak zaman Cretaceous dan statusnya saat ini telah terancam punah. Bisa ditemukan di air asin, sungai hingga anak sungai. Ukurannya bisa mencapai 7 meter.

(wikipedia)