Nasib Band Era 2000-an, Banyak yang Mati Suri karena Ditinggal Sang Vokalis

Tahun 2000-an Indonesia memiliki banyak grup band yang muncul dengan beragam karyanya. Bagaimana nasib mereka saat ini? Beberapa ada yang mati suri usai ditinggal sang vokalis

Indonesia beruntung memiliki banyak musisi tanah air yang membentuk sebuah grup band di era tahun 2000-an. Setelah tahun 90-an dipenuhi grup band beraliran pop, pada tahun 2000-an grup-grup musik menawarkan musik yang berbeda, masih pop namun terdengar lebih segar di telinga penikmat musik Indonesia.

Seiring perkembangan zaman, banyak grup-grup musik tersebut yang hilang ditelan bumi. Ada juga yang masih eksis sampai sekarang meskipun harus berganti personel sekalipun. Apa kabar mereka saat ini?

1. Peterpan

Peterpan  menjadi salah satu grup musik yang membawakan lagu pop lebih modern. Suara vokalis Ariel yang khas membuat Peterpan cepat melejit di belantika musik Indonesia. Sayangnya nama Peterpan harus berganti  menjadi NOAH setelah dua personelnya mengundurkan diri yakni Andhika dan Indra. NOAH pun kini cuma tersisa dua personel asli Peterpan yakni Ariel dan Lukman. Uki mengundurkan diri karena ingin fokus mendalami agama. Rekomendasi Lagu Peterpan : Mimpi yang Sempurna, Ada Apa Denganmu.

2. Samsons

Samsons  menjadi grup musik yang memiliki jadwal manggung yang padat pada tahun 2000-an. Sayangnya seiring berjalannya waktu perbedaan visi dan misi membuat Samsons ditinggal sang vokalis, Bams. Sepeninggal Bams, Samsons tak lagi sekuat Samson karena tak bisa melahirkan karya-karya yang sukses seperti saat masih Bams jadi vokalis. Rekomendasi Lagu Samsons : Kenangan Terindah, Naluri Lelaki.

Peterpan (Grid.ID)

3. Nidji

Kondisi Nidji sekarang mirip dengan yang dialami Samsons. Setelah Giring Ganesha angkat kaki karena ingin mendalami dunia politik, membuat pesona Nidji tak segarang dulu. Memang Nidji masih ada dengan Ubay sebagai vokalis pengganti Giring. Karakter Ubay disebut-sebut tak sekuat Giring ketika tampil di atas panggung. Rekomendasi Lagu Nidji: Bila Ku Jatuh Cinta, Heaven, Hapus Aku.

Samsons (IDN Times)

4. Radja

Radja menjadi salah satu band pop yang mencuri perhatian dengan konsep melayu mendayu-dayunya. Radja dengan Ian Kasela merajai panggung-panggung musik di pertengahan tahun 2000-an. Sayangnya kini Radja tak sebesar dulu. Ada apa dengan Ian dan kawan-kawan, sepertinya mereka sudah tak semangat lagi dalam bermusik. Apakah sedang alami kejenuhan? Rekomendasi Lagu Radja : Jujur, Manusia Biasa.

Nidji (Diadona)

5. Kangen Band

Sama halnya dengan Radja, Kangen Band juga masuk dalam daftar grup musik yang populer. Kangen Band terdiri dari 6 anak muda asal Lampung dengan skill musik yang katanya apa adanya, namun memiliki lirik puitis yang meruntuhkan hati pendengarnya. Nasib Kangen Band berantakan setelah beberapa personelnya tersandung kasus narkoba. Hingga puncaknya ketika Andhika sang vokalis mengundurkan diri dan memutuskan untuk bersolo karier. Rekomendasi Lagu Kangen Band: Yolanda,Doy.

Radja (JawaPos.com)

Faktor vokalis memang sangat penting dalam sebuah grup musik. Buktinya ketika Nidji, Samsons, hingga Kangen Band ditinggal pergi para vokalisnya, nasib band menjadi tidak jelas, sampai dibilang mati suri karena karya-karyanya sudah lama tak terdengar lagi.

Kangen Band(ILiputan6.com)