Wagelaseh... Ini Nih Fakta Menarik Pemenang Japan Open 2018

Pemain badminton asal indonesia juga ikut andil dalam juara di Japan Open 2018 ini. Mantap!

Tau gak sih fakta terkait turnamen bulu tangkis BWF World Tour Super 750, Japan Open 2018 yang berkahir pada Minggu, 16 september 2018, kemarin? Ada lima juara dari lima nomor yang dipertandingkan di final. Salah satu juaranya adalah atlet asal indonesia yakni Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Mereka berhasil menyabet juara satu di kelas ganda putra.

Di final lainnya, tuan rumah Jepang memboyong dua buah piala juara satu di kelas tunggal putra dan kelas ganda putri. Spanyol meraih satu gelar di kelas tunggal putri, dan Tiongkok juga meraih satu gelar di kelas ganda campuran. Berikut beberapa menarik terkait ke lima jawara ajang bulu tangkis bergengsi dunia.

1. Juara pertama kelas Tunggal Putra, Kento Momota

Koleksi gelar sang jawara kelas tunggal putra kini bertambah lagi nih. Mas Kento Momota kembali memperoleh satu juara di tahun 2018 ini setelah melewati match panas di final yang mengalahkan Khosit Phetpradab 21-14 di babak pertama dan 21-14 di babak kedua dalam waktu 49 menit.

Gelar terssebut merupakan gelar kelima Momota di tahun ini. Sebelumnya pria berumur 24 tahun ini sudah mendapatkan gelar juara satu di Vietnam International, Indonesia Open, Kejuaraan Asia, dan Kejuaraan Dunia. Menariknya lagi nih, ternyata Momota merupakan jawara tunggal pertama di acara Japan Open sejak pertama diselenggarakan tahun 1977.

Kento Momota meraih medali juara 1 di ajang Japan Open 2018 (bolasport.com)

2. Juara beruntun putri pertama dari Eropa 'Carolina Marin'

Carolina mendapatkan sebuah gelar peraih jawara beruntun kelas putri pertama dari Eropa. Hal ini menjadi semangat baru bagi atlet-atlet asal Benua Biru. Duel sengit yang telah memupuskan harapan Jepang untuk mendapatkan piala nomor satu kelas tunggal putri ini berlangsung cukup panjang. Partai itu terjadi rubber game 21-19, 17-21, 21-11 dan menjadi final terlama dari lima final di Japan Open 2018. 

Okuhara Nozomi dan Marin juara 2018 menyuguhkan pertandingan yang sangat luar biasa. Tahun lalu, Carolina juga memenangkan pertandingan sengit melawan atlet asal Tiongkok He Bingjio, dan berhasil mempertahankan gelarnya tahun ini di ajang Japan Open.

Carolina menang dua kali berturut-turut pada ajang Japan Open (newindianexpress.com)

3. Marcus & Kevin berpeluang samai rekor sang legenda Ricky/Rexy di Japan Open

Indonesia berhasil meraih satu gelar lewat ganda putra, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya. Ganda putra rangking 1 dunia yang menjadi unggulan 1 ini jadi juara setelah menang dengan cukup mudah atas pasangan juara dunia 2018 asal Tiongkok yang juga unggulan 2, Li Junhui/Liu Yuchen 21-11 21-13 dalam waktu 38 menit.

Marcus/Kevin berhasil mempertahankan gelarnya di Japan Open. Tahun lalu, Duo Minions ini jadi juara juga setelah mengalahkan tim ganda putra Jepang, Takuto Inoue/Yuki Kaneko. 

Dengan juara beruntun ini, Marcus/Kevin kini berpeluang menyamai 'rekor' ganda putra legendaris Indonesia, Ricky Subagja/Rexy Mainaky. Ricky/Rexy menjadi satu-satunya ganda putra yang pernah 'hat-trick', alias juara tiga kali beruntun, di Japan Open pada 1995, 1996, dan 1997 silam. Mantap jiwwa!

Aksi duet dewa Marcus dan Kevin (dyjapanbadminton.com)

4. Jepang dominasi kelas Ganda Putri lewat Yuki dan Sayaka

Juara di kelas ganda putri ternyata dapat diraih dengan mulus oleh pasangan emas Yuki Fukushima/Sayaka Hirota. Mereka menang straight game 21-15 dan 21-12 atas unggulan 3 dari Tiongkok yang juara Asian Games 2018, Chen Qingchen/Jia Yifan hanya dengan waktu 57 menit saja.

Kemenangan ini menjadi revans bagi Yuki dan Sayaka atas kekalahannya melawan Chen dan Jia di semifinal Asian Games 2018 kemarin. Keren bangets....

Ekspresi bahagia saat Yuki dan Sayaka memenangkan kelas ganda putri (bwfbadminton.com)

5. Tiongkok sabet hat-trick di kelas ganda campuran lewat duet maut Zheng Siweo dan Huang Yaqiong

Berita heboh yang disebabkan oleh duet maut Zheng Siweo dan Huang Yaqiong atas kemenangan hat-trick-nya di kelas ganda campuran emang bikin bangga Negeri Tirai Bambu. Meraka unggul 21-19 dan 21-8 atas unggulan nomor 2, Wang Yilyu dan Huang Dongping dalam waktu 36 menit di ajang final Japan Open 2018.

Atas kemenangan tersebut, Tiongkok menambah dominasi di kelas ganda campuran dunia. Dalam kurun waktu tiga tahun berturut-turut, Tiongkok berhasil pula mencetak hat-trick.


Kalo gitu selamat ya buat para juara bulutangkis Japan Open 2018. Jadi ikutan bangga karena Indonesia menorehkan sejarah juga di sana. Jaya terus dunia perbulutangkisan dunia!

Bentuk kebahagiaan Zheng Siweo & Huang Yaqiong atas kemenanganya di Japan Open (zimbio.com)