Hindari Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Agar Paru-Paru Tetap Sehat!

Hindari Konsumsi Makanan dan Minuman Ini Agar Paru-Paru Tetap Sehat!

Pola makan yang sehat dan seimbang sangat membantu untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan paru-paru. Paru-paru memiliki tugas penting dalam sistem pernafasan.

Beberapa makanan memiliki kandungan yang dibutuhkan paru-paru untuk mempertahankan fungsinya.  Ada pula jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dibatasi atau dihindari karena dapat menimbulkan masalah kesehatan pada paru-paru. Agar paru-paru tetap sehat, hindari konsumsi makanan dan minuman berikut ini.

1. Daging Olahan

Para peneliti menduga nitrit yang digunakan dalam proses pengawetan daging dapat menyebabkan peradangan pada paru-paru.

2. Alkohol

https://www.lagizi.com/

Minum alkohol yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan hati dan paru-paru. Sulfit dalam alkohol dapat memperburuk gejala asma dan etanol bisa memengaruhi sel paru-paru.  Jika minum terlalu banyak alkohol, seseorang mungkin lebih rentan terkena pneumonia dan masalah paru-paru lainnya.

3. Mengandung terlalu banyak garam

https:/www.hellosehat.com/

Makanan yang terlalu banyak garam dapat meningkatkan risiko masalah paru-paru, dan dapat memperburuk gejala asma sehingga penggunaannya harus dibatasi. Untuk membatasi asupan garam, masaklah makanan sendiri sehingga berbagai bahan yang digunakan dapat disesuaikan dengan tujuan kesehatan.

4. Sayuran cruciferous

https://www.merdeka.com/

Sayuran cruciferous seperti kol, brokoli, lobak, dan kembang kol dapat menyebabkan perut kembung dan menekan diafragma. Bagi orang yang menderita penyakit paru-paru, sebaiknya batasi atau hindari sayuran jenis ini karena mungkin dapat menimbulkan rasa tidak nyaman.

5. Makanan yang digoreng

https://www.eatright.org/

Makanan yang digoreng dapat menyebabkan perut kembung dan ketidaknyamanan dengan menekan diafragma sehingga bernapas terasa tidak nyaman. Mengonsumsi makanan yang digoreng secara berlebihan juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang pada gilirannya akan meningkatkan tekanan pada paru-paru.

https://www.ners.unair.ac.id/