Cara Menyenangkan Konsumsi Serat Buat Kamu yang Gak Suka Sayur Nih

Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan. Kalau kamu gak suka sayur penuhi kebutuhan serat dengan cara ini.

Serat baik untuk kesehatan tubuh kamu. Penelitian telah menunjukkan bahwa diet tinggi serat dapat meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi risiko kanker, meredakan masalah GI, dan memperbaiki penampilan kulit.

Makanan berserat tinggi juga memberi makan bakteri usus yang menguntungkan. Membantu mencegah peradangan berbahaya di tubuh yang dapat menyebabkan penyakit, kata Joanne Slavin, Ph.D., R.D.N., seorang profesor ilmu makanan dan nutrisi di University of Minnesota.

Kamu harus secara konsisten mencukupi kebutuhannya dalam diet untuk menuai manfaatnya. Kebanyakan orang mengonsumsi sekitar 15 gram serat sehari, tetapi kamu harus mendapatkan 28 gram, kata Slavin.

Jadi, bagaimana melakukannya? Mulailah dengan menambahkan makanan berserat tinggi ke daftar makanan secara bertahap. Kata kuncinya di sini secara bertahap.

Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan:

1. Makan Kacang-kacangan

Kacang adalah salah satu makanan berserat tinggi yang paling sederhana untuk ditambahkan ke dalam diet. Satu cangkir mengandung 14 hingga 19 gram serat, yang merupakan 56 hingga 76 persen dari nilai harian. Manfaatkan kandungan seratnya dengan memasukkan kacang ke dalam satu atau dua makanan.

Serat untuk kesehatan pencernaan (hellomissniki.com)

2. Jeruk

Jangan membuang kulit jeruk, clementine, atau grapefruit dulu. Sebaliknya, keringkan, lalu haluskan kulitnya dalam blender atau food processor sampai menjadi bubuk. Campurkan satu sendok bubuk ke dalam smoothie, yogurt, atau teh. Trik ini tidak hanya meningkatkan asupan serat, tetapi juga membantu mengurangi limbah makanan.

3. Alpukat

Satu buah alpukat mengandung 18 gram serat, kata Miller. Selipkan sepotong makanan berserat tinggi ke dalam sandwich, potong beberapa dan tambahkan ke smoothies, atau haluskan dengan jus lemon dan garam untuk saus salad yang kaya serat. Lebih baik lagi, makan dengan telur atau dengan sayuran.

Kacang dan biji (nationaltoday.com)

4. Biji

Secara umum, kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung serat. Setengah cangkir almond mentah mengandung 8,8 gram, sementara dua sendok makan biji chia mengandung 5,7 gram serat, menurut Departemen Pertanian AS. Taburkan makanan berserat tinggi di atas sup, sayuran panggang, dan yogurt untuk tekstur dan seratnya.

5. Minum Lebih Banyak Air

Jangan lupa untuk menjaga asupan H2O juga. Serat bekerja paling baik saat tubuh terhidrasi dengan baik, karena air membantu serat bergerak melalui sistem pencernaan.

Jadi demi hidup sehat dan tetap cantik, penuhi kebutuhan serta kamu ya gengs.

Alpukat (meidcalnewstoday.com)