Heboh Patung Misterius Milik Soekarno Tersembunyi di Gedung Sarinah, Begini Wujudnya

Heboh Patung Misterius Milik Soekarno Tersembunyi di Gedung Sarinah, Begini Wujudnya

Belakangan ini publik dihebohkan dengan penemuan sebuah benda berupa relief patung di pembangunan Gedung Sarinah. Dugaan kuat merujuk bahwa patung misterius tersebut merupakan salah satu karya seni milik mendiang Presiden pertama Republik Indonesia Soekarno.

Sebagaimana diketahui, Sarinah merupakan pusat perbelanjaan pertama yang ada di Indonesia. Terletak di Jakarta Pusat dan dirikan sejak 1963. 

Lantaran bangunan ini sudah sangat lama, kini bangunan bersejarah tersebut sedang direnovasi.

Usut punya usut dan saking bersejarahnya, ternyata ketika dilakukan proses pemugaran, ditemukan sebuah peninggalan yang terbilang misterius lantaran lokasinya rahasia dan nggak sembarangan orang bisa melihatnya loh.

Hal itulah yang menyebabkan banyak orang nggak tau tentang keberadaan patung ini, bahkan pembuatnya aja nggak diketahui.

 

Namun, berdasarkan unggahan akun Instagram milik @Liayuslan, menurutnya patung peninggalan ini adalah milik Presiden Soekarno.

Berdasarkan unggahan tersebut, dia membagikan potret ketika berfoto bersama patung misterius tersebut.

Adapun berdasarkan penjelasannya, dalam proyek Gedung Sarinah yang sedang dikerjakan oleh perusahaan tempat Lia Yuslan bekerja, pihaknya terkejut menemukan patung tersembunyi yang disebutnya peninggalan dari masa pemerintahan Presiden Soekarno.

Patung Misterius di Sarinah (Depokrayanews.com)

Patung itu sendiri memiliki dimensi panjang dan l3x12 m.

Nah menurutnya, selama ini patung tersebut disembunyikan di dalam struktur bangunan dan baru ditemukan saat pihaknya ingin membongkar bangunan tersebut.

“Ada kejutan di project ini dengan ditemukan sebuah patung peninggalan masa pemerintahan Presiden Soekarno setinggi 3x12 m yang selama ini disembunyikan di dalam struktur bangunan, dan baru diketahui keberadaannya ketika bangunan dibongkar,” ujar wanita tersebut dalam caption unggahannya.

Menurut sejumlah informasi yang dikumpulkan, keberadaan patung ini berada tepat di belakang gerai restoran cepat saji McD. Secara spesifik, lokasinya berada di ruangan yang jarang terjamah oleh sembarangan orang, yakni ruang mekanikal dan elektrikal gedung.

Patung Misterius di Sarinah (Liputan6.com)

Kalau diamati sih, pada relief itu terdapat gambaran kehidupan masyarakat yang berprofesi sebagai petani dan nelayan. Tampak patung berwujud manusia itu sedang membawa hasil panen dan tangkapan sambil menggunakan caping khas orang pedesaan.

Lanjut lagi, berdasarkan video yang diunggah oleh kanal YouTube Candrian Attahiyyat, bangunan Sarinah ini pernah tebakar hebat pada tahun 1984 silam. 

Uniknya patung ini selamat dan masih utuh, lho gengs. Wow.

Setelah insiden kebakaran itulah, patung ini justru dijadikan sebagai ruangan mekanikal dan elektrikal yang tak sembarangan orang boleh masuk dan melihatnya.

Patung Misterius di Sarinah (Tempo.co)

Berdasarkan video tersebut, Ketua Tim Sidang Pemugaran (TSP), Boy Bhirawa memastikan bahwa patung tersebut tidak akan akan dihancurkan dan bakal dilindungi keberadaannya.

Boy juga menilai, patung tersebut melambangkan semangat bangsa Indonesia dalam membangun ekonomi yang didasari pada pemikiran dan prinsip marhaenisme milik Soekarno.

Tapi sebenernya ada maksud lain nggak sih kenapa patung tersebut disembunyikan oleh Bung Karno?

Kebakaran Gedung Sarinah (Pinterest)