Yuklah Bongkar Beberapa Hal yang Selama Ini Dianggap Fakta, Padahal Mitos... [Bagian 2]

Selama ini, ada banyak hal yang kita anggap sebagai fakta. Padahal semua itu ternyata mitos. Parah ya~

Kalo sebelumnya kita udah ngomongin beberapa pengetahuan umum yang dikira fakta dan ternyata mitos, kita bikin lanjutannya nih.

Tadi kita ada sedikit trouble gitu sih. Jadi Udah deh, kita lanjutin aja. Nih, beberapa hal yang selama ini dikira fakta, eh ternyata malah mitos babak dua. Karena lanjutan, kita lanjutin mulai dari nomer 10, simak ya....

#10 Kalo lagi kenyang, jangan berenang?

Mitos ini menyebut bahwa proses pencernaan kita akan meningkatkan aliran darah ke daerah perut. Makanya, kalo lagi kenyang terus berenang, kita bisa keram dan tenggelam.

Sebenernya woles aja keles. Soalnya, otot perut kita bukanlah otot yang kita gunakan buat berenang. Berenang dalam perut kenyang bukan masalah karena nggak meningkatkan risiko keram sama sekali.

Yang bahaya itu kalo berenang abis minum minuman beralkohol. Kita bisa lemas dan mabok, ngerinya lagi, kita bisa sulit mengkoordinasikan otot kita. Idih~

Berenang pas kenyang nggak bikin keram kok. (swimming.org)

#11 Manusia cuman punya 5 indera?

Dari pertama kali sekolah, kita udah diajarin kalo manusia cuman punya 5 indera doang. Sebutannya sih pancaindera, tau kan apa aja? Padahal, karunia Tuhan kepada manusia lebih dari itu lho.

Kita diberkahi keseimbangan tubuh juga. Kita bisa ngerasain banyak hal karena keseimbangan ini. Kita bisa jalan, lompat-lompat, main sepeda, ngerasain gatal di salah satu anggota tubuh, ngerasa dingin atau panas, sakit, hingga tekanan.

Ada juga indera yang bikin kita ngerasa lapar dan haus. Ada juga indera dalam otot. Ya, biar kita ngerti otot apa aja yang harus dipakai saat kita melakukan sesuatu. Termasuk berjalan dalam kegelapan.

Yang kita tau kan cuma 5 ini, padahal masih banyak lho. (youtube.com)

#12 Tembok Besar Cina keliatan dari luar angkasa?

Pernah ada klaim bahwa situs bersejarah dan keajaiban dunia Tembok Besar Cina ini bisa dilihat dari luar angkasa. Tapi ternyata mitos ini dimentahin gitu sama seorang astronot asal Tiongkok, Yang Liwei.

Ketika Liwei berada di luar angkasa, dia tuh sempet nyari-nyari situs bersejarah kebanggaan negerinya itu. Dan ternyata nggak keliatan tuh dari luar angkasa,

Katanya tembok besar bisa keliatan dari luar angkasa? (insureandgo.com)

#13 Warna biru di laut itu pantulan dari langit yang biru pula?

Ini mitos dan kalo ternyata fakta bisa langsung dimentahin juga. Pokoknya, air ternyata punya warna intrinsiknya sendiri. 

Warna biru yang tercipta di permukaan laut adalah karena hasil penyerapan serta pemecahan cahaya yang masuk ke dalam laut. Tau model prisma gitu kan? 

Nah, kayak gitu lah kira-kira, cahaya yang masuk ke laut diserap terus dipecah oleh air. Tapi, warna instrinsik air ini bikin hasil pemecahan cahaya ini selalu terlihat biru. Gitu lohhhh~

Warna biru di laut itu bukan karena langitnya biru, tapi... (youtube.com)

#14 Pentagon pernah punya niat ngelawan zombi?

Tau zombi kan? Itu lho, mayat hidup lagi yang nyari daging orang sehat biar ketularan lagi virus zombi juga.

Nah, pernah tuh Departemen Pertahanan AS, Pentagon, nganggep serius mau memusnahkan zombi. Padahal itu kan cuma fiksi dan lebih sering tampil di tipi doang ya?

Nggak tanggung-tanggung, Pentagon pernah nyiapin rencana antisipasi dari skenario kiamat zombi ini. Sejak 2011 lalu, Pentagon udah nyiapin skenario pemusnahan zombi ini. Nama operasinya adalah "CONOP 888" atau Counter-Zombie Domination. Serius amat mereka~

Pentagon di Amerika Serikat. (sputniknews.com)

#15 Satu rumah dua negara?

Ada sebuah rumah yang terletak di sebuah perbatasan antara Kanada dan Amerika Serikat. Letaknya di Kota Derby Line yang emang deket banget sama perbatasan dua negara itu.

Nah, ternyata ada kasus nih di situ. Ada sebuah rumah keluarga yang punya dapur dan ruangan lainnya tepat di perbatasan dua negara tadi. Jadi kalo masak di AS misalnya, maka pas mereka makan, mereka di Kanada. Tapi ini fakta ding, nggak ada mitosnya. Hehehe....

Bikin bingung nih kalo rumah kayak begini. (canadiangeographic.ca)

#16 Minum air harus 8 gelas per hari?

Sebetulnya ini anjuran yang cukup baik. Tapi anjuran 8 gelas per hari untuk minum air putih itu nggak ada dasarnya. Minum 8 gelas air putih itu bukanlah keharusan setiap manusia. Itu sih kata ahli ginjal dr Goldfrab.

Soalnya, jumlah yang harus kita minum harus menyesuaikan dengan berat badan, lingkungan, temperatur, pakaian, dan seterusnya. Jadi minum air emang harusnya menyesuaikan konteks juga sist, bro. Gitu~!

Minum air putih itu ngikutin konteks. (healththoroughfare.com)

#17 Otak kanan dan otak kiri manusia punya kemampuan berbeda?

Otak itu nggak punya pembagian fungsi yang kaku. Beberapa kegiatan yang kita lakukan atau hal yang kita rasakan memang lebih mengaktifkan beberapa bagian dibandingkan bagian otak lainnya.

Tapi, bukan berarti otak kanan nggak berguna waktu belajar matematika. Termasuk saat bermain musik, otak kiri kita nggak aktif itu nggak mungkin. Malah, otak kanan sebenernya bisa mempelajari fungsi dari otak kiri, begitu pula sebaliknya.

Oke, ini bagian kedua dari serial yang sebelumnya udah kita upload. Meski sebenernya masih banyak, kalian bisa nambahin kok di kolom komentar. Kita tunggu ya~

Otak sebenernya sama aja, dua-duanya selalu berfungsi kok. (viralplots.com)