Beberapa Presiden yang Pernah Hidup Sederhana dan Menyumbangkan Gajinya Demi Rakyat

Beberapa presiden yang pernah hidup sederhana dan menyumbangkan gajinya demi rakyat.

Hidup sebagai presiden emang gak mudah. Keputusan dan risikonya berpengaruh sangat besar, untuk diri dan negaranya. Maka negara pun memberikan fasilitas terbaik bagi para presiden atau kepala negara.

Akan tetapi, banyak presiden di dunia lebih suka mementingkan diri sendiri dan golongannya. Setelah difasilitasi negara, banyak pemimpin yang justru kurang memperhatikan kesejahteraan rakyat. 

Gak sedikit juga loh presiden yang sibuk memperkaya diri sendiri. Padahal rakyat di negara itu berteriak karena penderitaan dan kemiskinan.

Tapi gak semua presiden begitu kok. Buktinya ada beberapa presiden yang pernah hidup sederhana dan menyumbangkan gajinya demi rakyatnya. Ini dia daftarnya.

#1 Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad


Sosok Mahmoud Ahmadinejadi dikenal luas karena kesederhanaan dan keberaniannya. Ahmadinejad menjadi Presiden Iran pada tahun 2005 hingga 2013 lalu.

Saat menjabat sebagai Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad ternyata rela hidup sederhana. Meski menjadi seorang presiden, Ahmadinejad memilih untuk meninggalkan mobil limosin kepresidenan. Dia justru menggunakan mobil tua yang digunakannya sehari-hari.

Ahmadinejad bahkan menyumbangkan karpet-karpet Persia dari istana kepresidenan untuk masjid-masjid. Dia juga tetap tinggal di rumah pribadinya. Bahkan dia tak mengambil gajinya sama sekali.

Mahmoud Ahmadinejad, mantan Presiden Iran (thenation.com)

#2 Presiden Venezuela Hugo Chavez


Hugo Chavez tumbuh besar di lingkungan kelurga buruh Venezuela yang miskin. Masa lalunya itu membuat dirinya muncul sebagai sosok pemimpin yang sederhana.

Saat menjabat sebagai presiden, Chavez rela menyumbang gajinya untuk berbagai kegiatan sosial. Sebagai presiden, Chavez juga gak malu untuk menumpang truk saat perjalanan dinasnya.

Chavez yang disegani dunia itu juga pernah membuka istana kepresidenan dan menjadikannya sebagai tempat pengungsian saat banjir melanda.

Hugo Chavez, mantan Presiden Venezuela (britannica.com)

#3 Presiden Uruguay Jose Mujica


Sebagai Presiden Uruguay, Jose Mujica juga rela hidup sederhana. Dia gak tinggal di istana kepresidenan melainkan tinggal di rumah sederhana dan jauh dari kesan mewah.

Selama menjabat presiden, Mujica juga sering menolak menggunakan mobil kepresidenan yang telah disediakan untuknya. Sebaliknya, dia memilih menggunakan mobil VW tua bahkan Vespa klasik miliknya.

Selama menjabat presiden, Mujica juga selalu menyumbangkan 90% gajinya untuk kepentingan rakyat.

Jose Mujica dan VW 'kodok' tua kesayangannya (globo.com)

#4 Presiden Paraguay Fernando Lugo


Fernando Lugo adalah presiden yang menganut paham sosialisme. Dia juga disebut-sebut telah mendalami ajaran Pancasila Indonesia dan diterapkan dalam kehidupannya saat memimpin Paraguay.

Lugo tercatat sebagai presiden pertama di dunia yang menolak gajinya secara penuh. Dia memegang teguh pernyataannya ketika dirinya dilantik menjadi Presiden Paraguay.

Buat Lugo, menjadi presiden berarti menjadi pemimpin negara atas dasar nilai-nilai sosial.

Fernando Lugo ternyata belajar Pancasila juga ya (lab.org.uk)

#5 Presiden Afghanistan Hamid Karzai


Afghanistan punya seorang presiden yang rela hidup sederhana yaitu Hamid Karzai. Dia menjabat pada tahun 2004 hingga 2014 lalu.

Hamid Karzai dikenal dengan topi fez yang selalu dia kenakan ke mana-mana. Dia juga dikenal karena menjalani hidup yang sederhana di negara yang sempat diinvasi Amerika Serikat itu.

Sebagai presiden, Karzai memilih untuk tinggal di rumah sederhana di ibu kota Kabul.

Itulah beberapa presiden yang pernah hidup sederhana dan menyumbangkan gajinya demi rakyat. Semoga makin banyak aja deh pemimpin negara yang ikut memikirkan kesejahteraan rakyat seperti mereka.

Hamid Karzai, mantan Presiden Afghanistan (afghanistanmirror.com)