Beberapa Jenis Bunga Emang Bisa Dimakan dan Punya Manfaat Baik untuk Menghindari Penyakit

Beberapa jenis bunga emang bisa dimakan dan punya manfaat baik untuk menghindari penyakit.

Umumnya, kita ngasih atau dikasih bunga dari dan untuk seseorang terdekat saat merayakan sesuatu. Ini karena bunga dianggap sebagai simbol cinta.

Bunga juga bisa memberikan kesan cantik di mana pun bunga diletakkan. Wangi dari bunga juga bikin segar. Makanya nggak heran banyak deh orang yang suka dengan bunga.

Tapi, beberapa jenis bunga emang bisa dimakan. Bahkan punya manfaat baik untuk menghindari penyakit. Simak deh daftarnya.

#Dandelion

Dandelion yang cantik ini bisa dimakan loh. Biji-biji putih halus dari bunga ini merupakan sumber vitamin A, C, dan K yang baik untuk tubuh. Dandelion juga mengandung vitamin E dan B loh.

Kandungan lainnya adalah zat besi, kalsium, magnesium, dan kalium. Bunga ini juga diketahui memiliki antioksidan tinggi serta zat antiinflamasi. Dandelion juga bisa dicampurkan ke dalam salad, sup, atau teh.

Dandelion bisa dicampur ke dalam makanan (unsplash.com)

#Bunga matahari

Bunga matahari kan salah satu yang paling populer nih. Bijinya biasa dimakan jadi kuaci buat camilan. Selain itu, biji bunga matahari bisa digiling jadi bubuk untuk membuat roti.

Kuncup bunga matahari yang masih muda bisa dikukus dan dimakan. Sementara kelopak, daun dan akarnya bisa dijadikan sebagai teh.

Bunga matahari juga biasanya jadi camilan sih (unsplash.com)

#Mawar

Bunga ini menjadi salah satu simbol cinta dan kasih sayang. Kalo Mawar dikasih ke cewek terus tiba-tiba dimakan, ngeri nggak? Padahal ya gapapa juga sih. Soalnya bunga mawar mengandung vitamin C gengs. Mawar bisa kalian tambahkan untuk bikin selai, sup, dan teh.

Air mawar juga bisa digunakan untuk menjadi pelengkap rasa makanan dan minuman gengs. Aman kok buat dikonsumsi sering-sering.

Mawar bisa jadi pelengkap rasa makanan dan minuman (unsplash.com)

#Kembang sepatu (Hibiscus)

Kembang sepatu kan bisa kita dapatkan dengan mudah tuh, biasanya sih ada di rumah tetangga. Hehehe. Pokoknya bisa tumbuh dengan subur di daerah tropis seperti di Indonesia deh.

Di dunia kuliner, bunga ini jadi diburu banyak orang karena rasanya yang nikmat dan kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Bunga ini bisa dicampur ke teh atau minuman herbal lainnya. Bunga ini bisa dijadikan pendamping untuk hidangan pencuci mulut.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bunga ini membantu mengobati penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan kolesterol.

Kembang sepatu punya kandungan vitamin C yang tinggi (unsplash.com)

#Lavender

Lavender nggak cuma ampuh untuk mengusir nyamuk gengs. Lavender bisa juga untuk mengatasi kecemasan, infeksi jamur, atau kerontokan rambut loh.

Lavender bisa diracik jadi minyak esensial buat wewangian. Tapi kalo utuh, lavender bisa dicampurkan sebagai bumbu masakan, teh, koktail, pasta, saus salad, hingga hidangan penutup.

Lavender bisa dijadiin bumbu masakan juga kok (unsplash.com)

#Echinacea (Coneflower)

Echinacea biasanya dijadikan teh atau ekstrak berbentuk bubuk. Pokoknya bunga ini dikeringkan dulu, baru bisa dikonsumsi.

Bunga ini bisa menjadi ramuan obat tahan udara panas. Udah gitu, bunga ini bisa digunakan untuk melawan gangguan pencernaan gengs. Bisa juga untuk infeksi kandung kemih ringan hingga flu.

Echinacea atau coneflower yang punya manfaat cegah penyakit (unsplash.com)

#Calendula

Bunga ini menjadi bagian dari keluarga ester. Bunga ini bisa digunakan untuk teh atau minyak. Bunga ini bisa disantap langsung, kelopaknya bisa dicampur ke makanan dengan cara dipanggang dulu.

Calendula bermanfaat untuk mengobati kram menstruasi, sakit tenggorokan, kanker, bisul, campak, cacar, dan penyakit kuning.

Nah, itu dia beberapa bunga yang bisa dimakan. Manfaatnya buat tubuh juga baik kok. Coba deh.

Calendula bisa untuk mengobati beberapa penyakit (unsplash.com)