Ini Lho Vespa Pertama yang Didesain Buat Hancurin Tank dan ... Bisa Terbang~

Ini lho Vespa pertama yang didesain buat hancurin tank dan ... bisa terbang~ Gokil kan?!

Vespa yang kamu kenal saat ini emang kece-kece gengs. Tapi jaman perang dulu, skuter macem Vespa didesain lebih gokil lagi ... lebih tangguh, lebih canggih. Terbaik di kelasnya lah~

Kalo gitu, ceritanya kita balik dulu ke tahun 1946. Saat itu lagi era setelah Perang Dunia II dan Enrico Piaggio langsung membangun pabrik. 

Dibantu oleh pasukan Sekutu, markas itu dibangun di Florence, Italia.

Dia pengin punya skuter yang terinspirasi dari sepeda motor Cushman tahun 1944. Sepeda motor Cushman sendiri jadi sumber inspirasinya karena waktu itu bisa dijatuhkan dengan parasut.

Di tahun 1946 itu, Piaggio menciptakan skuter model MP6 yang kemudian disebut Vespa. Sementara pada April 1946, skuter itu dipatenkan di Central Patents Office dan mulai diproduksi setelah itu.

Semenjak diproduksi masal, Vespa telah memiliki banyak model selama bertahun-tahun. Vespa mulai digandrungi masyarakat dunia kala itu dan digunakan untuk berbagai keperluan.

Tapi, ada nih satu model Vespa yang paling terkenal canggih, tangguh, dan gak ada duanya. Vespa TAP 150.

Enrico Piaggio dan skuter bikinannya, Vespa~ (pinterest.com)

Vespa TAP 150 ini diproduksi oleh ACMA, sebuah produsen model Vespa berlisensi di Prancis. Vespa jenis ini kemudian dipesan oleh militer Prancis tahun 1954 buat nyerang Aljazair. Termasuk digunakan saat perang di Indochina tahun 1962. 

Nama TAP untuk serial skuter Vespa canggih ini diambil dari singkatan Troupes Aéroportées (TAP) yaitu pasukan angkatan udara Prancis yang bisa dipacu hingga 40 mil per jam, sekitar 64 km/jam. Termasuk gak oke sih buat touring, lelet banget.

Skuter ini punya mesin berkapasitas 146 cc dengan basis mesin Vespa 125.

Gokilnya nih ... meskipun lelet, Vespa TAP 150 emang didesain buat perang banget. Kenapa? Soalnya skuter ini dirancang juga buat membawa meriam M20 75mm recoilless. Senjata beginian bisa nembus armor tank setebal 100mm!

Vespa TAP 150, buat perang jaman dulu (reddit.com)

Vespa ini juga keliatannya lelet banget, tapi jangan salah ... bisa terbang gengs!

Maksudnya ya gak terbang beneran lah ... soalnya pengangkutan skuter-skuter yang diproduksi hingga 600 unit ini lewat udara. Jadi bisa dijatohin dari pesawat menuju medan perang. Dan tinggal langsung dioperasikan jadi kendaraan tempur deh.

Vespa TAP 150 ini bisa ditumpangi dua prajurit perang. Tapi karena sistem meriamnya gak bisa diarahin, jadi biasanya pengemudi Vespa bakal memindahkan meriam itu dari skuter.

Yang pasti, prajurit perang harus berhenti dulu pas mau nembak sasaran. Gak bisa pas lagi jalan sambil nembak. Itu mah motornya Betmen. Ini terjadi karena selongsong meriam M20 itu dipasang di atas jok.

Meski lelet, Vespa ini canggih bangets! (wikipedia.org)

Di medan perang, Vespa TAP 150 ini gak maksimal banget pas diterjunkan ke perang Indocina. Tapi oke banget pas perang di Aljazair. Saking tangguhnya, Vespa ini sampe disebut sebagai 'Vespa Bazoka' loh.

Vespa ini memenuhi standar NATO untuk perang. Meski begitu, Piaggio sendiri gak pengin lagi memproduksi Vespa model ini sejak tahun 1952. Enrico Piaggio menegaskan bahwa dia udah gak mau lagi berurusan sama negara dan militer.

Persis setelah perang di Aljazair dan Indocina itu, Vespa TAP 150 diberhentikan dari peredarannya.