Smartphone Samsung Galaxy S20 Ultra Adalah Ponsel yang Terhitung Tangguh

Sejumlah tes dilakukan untuk melihat seberapa tangguh ponsel Samsung Galaxy S20 Ultra, dan hasilnya melebihi ekspektasi.

Jika kita tak sengaja, atau sengaja menjatuhkan smartphone papan atas seharga $ 1.400 seperti Galaxy S20 Ultra, kita tentu berharap bahwa perangkat seperti ini memiliki tingkat ketangguhan yang tinggi. 

Mengingat investasi teknologi tak hanya pada fitur ponsel saja, tetapi rasa aman jika dalam penggunaan sehari-hari kita memiliki kecerobohan yang tak dimaksudkan. Menghadapi kasus yang seperti ini untungnya, yang ditawarkan oleh Samsung sepertinya cukup prospektif.

Baik JerryRigEverything (alias Zack Nelson) dan PhoneBuff telah melakukan tes ketahanan untuk S20 Ultra yang menunjukkan bahwa smartphone ini dapat bertahan dari sejumlah perlakuan yang tidak tepat, meskipun tidak semuanya. 

JRE mencatat bahwa layar Gorilla Glass 6 tidak akan tergores sampai level 6 pada skala Mohs dan sangat tahan terhadap tekukan. Jadi kalian tidak perlu khawatir dengan kuku jari termasuk kekuatan yang ada di setiap sentuhannya. 

Uji Samsung Galaxy S20 Ultra tunjukan ketangguhan ponsel (jakmall.com)

Meski terhitung sangat kuat, kalian mungkin tidak ingin meninggalkannya tanpa perlindungan ketika tahu kalau ponsel ini akan berada di dalam kantong atau tas di dekat kunci rumah. Berbeda ceritanya kalau itu adalah Galaxy Z Flip yang rapuh.

Sementara itu PhoneBuff melakukan uji kejatuhan yang menunjukkan bahwa kaca depan dan belakang S20 Ultra mampu bertahan meski jatuh beberapa kali. Dengan tingkat kerusakan yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan iPhone 11 Pro Max.

Hanya saja perbedaanya hardware dari perangkat Apple bisa bertahan lebih baik termasuk efek samping kerusakannya karena iPhone 11 Pro Max menggunakan stainless steel sedangkan S20 Ultra's memilih alumunium untuk kerangka ponselnya untuk menjaga fungsionalitas di bawah penyalahgunaan berat.

Tes ketahanan di atas memang tes sintetik, dan kalian tak akan mungkin salah mengira bahwa ponsel tersebut telah dilundungi perangkat kasar Samsung sendiri seperti Xcover Pro. Tetapi tetap saja kalian harus memperlakukannya dengan baik. 

Meskipun demikian, ada baiknya untuk mengetahui bahwa kalian tidak harus mengasuh ponsel yang sangat mahal ini dengan sangat hari-hato agar tetap terlihat baik dan berfungsi dengan baik. Hanya saja jangan menggoda nasib dengan menjadi ceroboh.

Uji Samsung Galaxy S20 Ultra tunjukan ketangguhan ponsel (gadgets.ndtv.com)