Hati-hati! Cewek Ini Tuli Mendadak Akibat Berlama-lama Pake Earphone ...

Hati-hati! Cewek ini tuli mendadak akibat berlama-lama pake earphone. Duh!

Hati-hati buat kamu semua nih, terutama milenial dan gen z yang hobi banget dengerin musik. Cewek ini tiba-tiba tuli loh.

Penyebabnya adalah karena dia berlama-lama pake earphone buat mendengarkan musik. Ini masalah serius gengs dan kasus macam ini kembali terjadi.

Kejadian ini dirasakan oleh seorang cewek berusia 28 tahun. Dia terpaksa menjadi tuli karena kehilangan fungsi pendengarannya dari salah satu telinganya. Meski disebutkan oleh World of Buzz sebagai 'tuli sesaat', ini beneran kasus gengs.

Cewek bernama Xiao Jing ini dikabarkan emang sering banget menggunakan earphone-nya. Tapi sebagaimana fungsi earphone pada umumnya, mungkin dia gak mendengarkan musik, tapi malah rajin nonton serial drama dalam perjalanan pulang kerja setiap hari. Duh!

Xiao Jing yang tinggal di Taiwan ini selalu menonton serial drama itu menggunakan earphone-nya demi menghilangkan stres dari urusan pekerjaannya. Xiao Jing juga dilaporkan memiliki kebiasaan buruk: bangun terlambat.

Ilustrasi, seorang cewek tuli mendadak karena earphone (freepik.com)

Xiao Jing pun lama-lama merasa ada yang gak beres sama dirinya setelah melakukan kebiasaan itu terus menerus. Xiao Jing merasa tak bisa mendengar lagi suara dari earphone di telinga kirinya.

Dia udah dua kali mencoba mengganti earphone itu dengan yang baru, hasilnya ... nihil. Pendengaran di telinga kirinya tak bisa mendengarkan apa pun.

Sadar bahwa hal ini bisa membahayakan dirinya, Xiao Jing pun langsung pergi ke rumah sakit. Setelah diperiksa oleh dokter, Xiao Jing terkena 'Sudden Sensorineural Hearing Loss' alias (SSHL). Itu adalah penyakit gangguan pendengaran mendadak, lebih dikenal sebagai tuli mendadak.

Katanya dia juga biasa bangun kesiangan, ngaruh ya? (freepik.com)

Untunglah Xiao Jing langsung memeriksakan pendengarannya yang tiba-tiba bermasalah itu. Kalo terlambat, dokter mengatakan bahwa Xiao Jing ini mungkin tidak akan pernah bisa lagi mendengarkan pake telinga kirinya.

Xiao Jing kemudian mendapatkan perawatan, hingga akhirnya dia bisa mendapatkan 80 persen pendengarannya lagi. Namun, Dokter Zhang yang menangani kasus Xiao Jing ini mengatakan bahwa penyabab tuli mendadak yang dialaminya itu bisa aja gak diketahui langsung oleh seseorang.

SSHL atau tuli mendadak tadi bisa terjadi karena berkaitan dengan stres, infeksi virus, penyakit autoimun, obat-obatan, trauma, bahkan tumor.

Kurang-kurangin nih gengs kebiasaan ini (freepik.com)

Dari kejadian ini, Dokter Zhang menyarankan bagi siapapun yang mengalami hal ini selama tiga hari, wajib segera memeriksakannya ke dokter. Soalnya, kasus tuli mendadak bisa terjadi pada semua usia, gak cuma yang tua gengs ... yang muda juga bisa.

Apalagi kalo kecapekan dan bangun telat, mungkin banget tuh mengalami hal ini. Buat yang mengalami hal ini, disarankan sekali untuk lebih banyak istirahat dan tidur lebih lama. Sekali lagi, hati-hati ya gengs!

Kece sih boleh, tapi jangan sampe ganggu kesehatan juga ya (huffingtonpost.com)