Kota Besar Paling Aman dari Kriminalitas di Dunia, Tak Perlu Khawatir Mau Pulang Jam Berapa

Kota-kota di bawah ini menyandang predikat sebagai kota paling aman di dunia. Di mana saja kah kota ini berada gengs?

Jika berbicara tentang kota besar, salah satu topik penting adalah masalah keamanan. Kepadatan penduduk serta kondisi sosial ekonomi kadang membuat tindakan kriminal di kota besar menjamur.

Tetapi tidak dengan sejumlah kota di bawah ini. Mereka masih dapat mempertahankan kemananan kota sehingga sangat layak untuk dikunjungi. Tak perlu khawatir soal kriminalitas jika berlibur ke sana. Di mana saja itu gengs?

1. Tokyo, Jepang

Sebagai kota ibukota dengan jumlah penduduk 9 juta lebih, Tokyo terhitung sangat aman bagi para pelancong ataupun penduduknya sendiri. Ancaman pencopetan, perampokan, dan tindak kriminal lain sangatlah rendah.

Hal ini sedikit banyak dipengaruhi oleh etos kerja orang Jepang sekaligus budaya ketimuran yang mereka miliki. Ancaman keamanan Tokyo paling besar mungkin dari bencana alam. Tetapi kota ini memiliki persiapan yang sangat tinggi untuk hal itu.

Kota besar paling aman dari kriminalitas di dunia (japan-guide.com)

2. Singapura

Kota Singapura sangat bergantung pada perdagangan dunia dan selalu dikunjungi banyak orang untuk berbisnis. Maka dari itu keamanan di kota ini sangat dijaga oleh pemerintah setempat. 

Ibukota yang berlokasi di lepas ujung selatan Semenanjung Malaya ini memiliki sistem keamanan yang didukung teknologi canggih. Maka dari itu membuat kota ini nyaman dan aman untuk wisatawan asing, bahkan solo traveler sekalipun.

Kota besar paling aman dari kriminalitas di dunia (infoviral.co.id)

3. Osaka, Jepang

Sama seperti Tokyo, Osaka memiliki tingkat keamanan yang tinggi sehingga sangat jarang terjadi tindak kejahatan yang mengancam secara fisik pribadi. Keamanan di kota ini dijaga penuh karena ia menjadi kota perdagangan penting bagi negara Jepang.

Bedanya dengan Tokyo, kita masih bisa menemukan situs dan landmark tradisional dan bersejarah di Osaka. Jadi alih-alih merasa terancam, turis yang datang ke kota ini akan merasa sangat damai dan tentram.

Kota besar paling aman dari kriminalitas di dunia (insideosaka.com)

4. Amsterdam, Belanda

Kota Amsterdam terletak di wilayah barat negara ini, tepatnya di Provinsi Holland Utara. Saat ini Amsterdam memiliki kedudukan sebagai ibukota dari Kerajaan Belanda yang telah diatur oleh konstitusi 24 Agustus 1815 dan penerusnya. Kota ini dianggap aman karena memiliki toleransi yang sangat tinggi terhadap kebebasan masing-masing penduduknya.

Selain itu sistem kemanaan yang canggih membuat Amsterdam masuk dalam deretan peringkat atas sebagai kota teraman di dunia. Meski begitu kita tetap harus berhati-hati karena keindahan Amsterdam menarik banyak turis yang sekaligus orang-orang tak bertanggung jawab. Meskipun secara garis besar masih tergolong aman untuk kota besar.

Kota besar paling aman dari kriminalitas di dunia (iamexpat.nl)

5. Washington DC, Amerika Serikat

Karena Washington DC menjadi tempat bekerja bagi presiden Amerika Serikat, maka keamanan kota ini menjadi sangat istimewa. Meskipun masih ada beberapa tindakan kriminal kecil di sana, keamanan kota ini justru datang dari transportasi umum dan jalan raya. Bagaimanapun presiden AS masih menggunakan moda darat ketika bertugas di Gedung Putih.

Sangat langka bagi kota pemerintahan seperti Washington DC untuk menjadi sangat aman. Terutama sebagai kota di Amerika Serikat yang memang kerap memiliki reputasi buruk terkait keamanan. Meskipun bukan yang paling aman, Washington DC adalah contoh yang unik.

Kota besar paling aman dari kriminalitas di dunia (worldatlas.com)