Sejumlah Alasan yang Membuatmu Dijauhi Teman, Dihindari ya Gengs

Semakin ke sini, hari-hari semakin terasa sepi. Jangan-jangan kamu mulai dijauhi teman. Lho kok bisa gengs, kenapa ya alasannya?

Kehidupan pertemanan memang kadang pasang surut seperti lautan di pantai. Kadang kalian bisa asik bareng-bareng untuk sementara waktu atau tak bertemu sesaat karena kesibukan masing-masing.

Tetapi ketika kamu merasa kalau teman-teman menjauh darimu, mungkin ada yang salah dengan perilaku yang kamu tunjukkan. Berikut ini adalah sejumlah alasan mengapa kamu dijauhi teman gengs.

1. Jahat

Penyebab utama temanmu mulai meninggalkan persahabatan kalian adalah karena sifatmu berubah secara drastis, dari yang tadinya baik menjadi sangat jahat. Tidak ada yang tahu mengapa kamu bisa berubah, hanya darimu sendiri yang bisa menjalaskannya.

Perubahan sifat memang bisa terjadi kepada siapa saja tanpa terkecuali. Biasanya mereka berubah karena terpengaruh lingkungan sekitar atau salah bergaul dengan orang yang jahat juga. Jadi sebelum temanmu menjauh, sadari dulu sifat jahat yang mulai tumbuh di dirimu.

Sejumlah alasan yang membuatmu dijauhi teman (pinterest.com)

2. Suka Menyindir

Menyindir walaupun dalam konteks bercanda tetap saja bisa meninggalkan luka di hati seseorang. Semisal kamu gemar menyindir tentang fisik temanmu, lama-kelamaan dia mulai sakit hati dan akan meninggalkanmu.

Masalahnya adalah jika dia merasa sakit hati, kamu tidak menyadari itu. Sehingga ada kemungkinan mereka mulai menjauhi kamu secara perlahan, karena sudah tidak kuat dengan perlakuan yang diterimanya. Jadi berbicaralah yang baik dengan temanmu.

Sejumlah alasan yang membuatmu dijauhi teman (nbcnews.com)

3. Boros

Tidak sedikit orang yang bisa nyaman menjalani pertemanan dengan orang yang boros. Mereka bisa meninggalkan orang jika gaya hidupnya mulai berubah, dari yang tadinya sederhana menjadi sangat boros. Pasalnya boros tidak hanya melukai diri sendiri.

Terkadang mereka menyukai kamu karena hidup sederhana, dan tidak akan membawanya ke gaya hidup yang menghambur-hamburkan uang. Makanya jika kamu merasa gaya hidupmu mulai berubah, cepat-cepatlah sadar. Kamu bisa jadi teman-teman akan menjauhimu.

Sejumlah alasan yang membuatmu dijauhi teman (teenvogue.com

4. Egois

Kalau kamu mulai terlihat egois dan selalu mempedulikan diri sendiri, wajar jika teman-temanmu mulai menjauh darimu. Sifat mementingkan diri sendiri akan melukai persahabatan dan bahkan merugikan diri sendiri. Walaupun pada awalnya kamu melihatnya sebagai upaya untuk diri sendiri.

Jika kamu memiliki sifat egois, mereka berpikir "Untuk apa berteman dengan orang egois? Toh juga dia hanya mementingkan diri sendiri." Coba berpikir untuk mendahulukan kepentingan orang lain di atas kepentingan diri sendiri, jika belum bisa menyeimbangkannya.

Sejumlah alasan yang membuatmu dijauhi teman (sadhguru.org)

5. Tak Membantu

Alasan terakhir yang akan membuatmu dijauhi teman adalah kamu tidak pernah berusaha untuk membantu ketika teman membutuhkan bantuan. Ini hampir mirip dengan sifat egois. Bedanya tak membantu teman bukan berati akan membantu dirimu sendiri.

Rasa pertemanan tersebut akan hilang jika kamu tidak berusaha juga untuk membantu teman ketika kesusahan. Walaupun tidak bisa membantu banyak, setidaknya kamu ada usaha untuk membantu mereka. Setidaknya pedulilah seperti kamu membutuhkan mereka di kala susah.

Sejumlah alasan yang membuatmu dijauhi teman (faithfulsoldier.com)