Pemandangan Ganjil di Tengah Gurun, Ada yang Mirip Buatan Alien

Sejumlah pemandangan yang ganjil muncul di tengah gurun yang gersang dan kering. Sangat tak lazim mengapa ada yang mirip buatan alien di tengah wilayah yang kosong.

Di beberapa wilayah dunia, membentang salah satu lanskap geografis yang cirinya padang pasir luas, kering, tandus, dengan vegetasi terbatas. Wilayah seperti ini disebut dengan gurun, dengan penampilan yang tak jauh berbeda.

Tetapi beberapa gurun di bawah ini justru memiliki sejumlah pemandangan yang tak lazim. Keberadaanya yang sangat ganjil dan menonjol menjadikannya mudah untuk ditangap mata di tengah spektrum gurun yang hampir monokromatis. Cek di mana saja pemandangan ganjil yang berada di tengah gurun gengs.

1. Toko Prada

Sebuah bangunan berbentuk butik pakaian modis milik Prada muncul di tengah gurun Texas, Amerika Serikat. Rak-raknya penuh dengan tas, sepatu dan aksesoris desainer, yang sayangnya tidak ada satupun barang dari dalam bangunan tersebut yang dijual. 

Seluruh barang yang ada di sana hanyalah instalasi seni. Pada hari pertama, butik ini dirampok. Setelah toko diperbaruhi dengan pintu dan kaca anti peluru, kini butik Prada tersebut aman dari tangah tak bertanggung jawab. Meski tetap terasa ganjil keberadaanya.

Pemandangan ganjil di tengah gurun gersang (inspiredimperfection.com)

2. Panah raksasa

Sepanjang padang gurun dari San Fransisco hingga New York, ditemukan ratusan panah besar yang terbuat dari semen. Panjangnya rata-rata sekitar 20m, sehingga tampak sangat ganjil di antara semak dan bebatuan yang tak sesuai standar geometris.

Banyak orang yang lupa apa fungsi dari panah raksasa ini. Baru sejumlah pemburu dokumentasi panah raksasa menceritakan bahwa dulu di tahun 1911, fungsi panah ini adalah penunjuk arah bagi pilot yang terbang di atasnya. Yang rata-rata memang diletakkan 10 mil sebelum bandara setempat.

Pemandangan ganjil di tengah gurun gersang (dailymail.co.uk)

3. Desert Breath

Pada pandangan pertama, tempat ini tampaknya seperti buatan alien yang turun ke Bumi mengendarai UFO. Tetapi Desert Breath yang terletak di Mesir selatan seratus persen adalah buatan manusia. Pemandangan ganjil di tengah gurun ini merupakan instalasi yang dibuat pada 1997 oleh arsitek Yunani. 

Yang menarik adalah area Desert Breath ternyata mencapai 10 hektar. Luas banget gengs. Berbentuk lubang dan gundukan seperti corong. Jangan-jangan arsitek asal Yunani tersebut adalah alien yang menyamar seperti di film Man in Black. 

Pemandangan ganjil di tengah gurun gersang (pinterest.com)

4. Tangan Gurun

Sebuah tangan raksasa terlihat seperti ingin keluar dari tanah tandus di tengah Gurun Atacama di Cile. Tangan tersebut sejatinya adalah patung yang memiliki ketinggian mencapai 11 meter. Tangan ini diciptakan pada 1992.

Penciptanya adalah Mario Irarrázabal. Ia menjelaskan bahwa tangan raksasa ini adalah simbol kerentanan dan ketidakberdayaan manusia yang tenggelam di pasir. Kalau ingin mengunjungi tempat tersebut, kalian harus berkendara sejauh 60 km dari kota terdekat gengs.

Pemandangan ganjil di tengah gurun gersang (suitcaseandi.com)

5. Kolam renang rahasia

Terakhir dalam daftar ini adalah sebuah kolam renang di tengah Gurun Mojave Amerika Serikat. Kolam ini bukanlah oase yang kerap menjadi bagian dari lanskap gurun. Tetapi memang sebuah kolam renang dengan air sejuk untuk bertahan dari panasnya gurun. Kolam tersebut buatan seniman asal Austria. 

Uniknya tak banyak yang tahu lokasi kolam renang tersebut yang memang berada di gurun yang luas. Bahkan tidak ada titik acuan di dekat kolam renang dan Google Maps tidak dapat menentukan lokasinya. Jadi benar-benar menjadi pemandangan ganjil di antara lanskap gurun yang seragam.

Pemandangan ganjil di tengah gurun gersang (latimes.com)