Kenapa Sih Kucing Suka Bersembunyi dalam Kardus? Ini Penjelasan Ilmiahnya!

Ooh, ternyata ini alasan kucing suka sembunyi di kardus dan tempat tertutup lainnya...

Suka bingung ga sih, kenapa kucing kita sering masuk-masuk ke kardus? Selain kardus, kucing juga suka masuk ke kantong keresek, sepatu, lemari dan benda-benda semacam itu deh. Ada ada aja ya. 

Eh, ternyata ada penjelasan ilmiahnya lho kenapa kucing begitu. Coba simak ulasan berikut.

1. Respon alamiah

Ternyata, secara alamiah kucing itu suka bersembunyi lho. Menurut penelitian, kucing mendapatkan rasa aman dan nyaman dari ruang yang tertutup. Di habitat aslinya pun, kucing liar sering bersembunyi di tempat tertutup. 

Misalnya, di gua, di semak-semak pohon, di cerukan tanah, dan sebagainya. Di tempat tersebut kucing merasa aman dari pemangsa atau sesuatu yang membahayakan dirinya. 

Awas nih ada musuh, ngumpet ah (tenor.com)

2. Menghangatkan tubuh

Selain rasa aman, kucing juga butuh ruang tertutup supaya memberinya kehangatan. Menurut penelitian National Research Council, suhu yang paling nyaman untuk kucing berkisar di 30 -36 derajat Celcius. 

Dengan masuk ke kardus atau tempat tertutup lainnya, kucing tidak perlu mengeluarkan energi tambahan untuk menghangatkan dirinya. Jadi, ga cuma kamu yang butuh kehangatan dari orang tersayang ya, kucingmu juga butuh kehangatan tuh hehe. 

Butuh kehangatan nih (pxhere.com)

3. Menghilangkan stress

Wah, ternyata rasa aman dan nyaman itu tadi bisa menghilangkan stres si kucing. Uthrect University pernah melakukan penelitian tentang sikap kucing, dengan cara menyediakan kotak kardus disekitarnya. 

Hasilnya, kucing yang diberi kotak kardus itu lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan. Mereka juga cepat berinteraksi dengan manusia. Berbeda dengan kucing yang tidak diberi kotak, mereka malah stres dan takut sama manusia tuh. 

Lucunya nih, seringkali kucing ga bisa bedain ukuran badannya sama ukuran kardus. Jadi, suka maksa masuk ke kardus kecil padahal nggak muat. Gemes banget ya. Hihihi.  

Aku bahagia (nctodo.com)