Daftar Wisata Arung Jeram di Indonesia yang Bikin Kamu Jatuh Cinta

Main air kayaknya udah biasa banget. Tapi mainan arung jeram bisa jadi luar biasa, nih. Apalagi Indonesia terkenal banget sama sungai-sungainya.

Arung jeram di Indonesia udah kayak barang wajib. Hampir tiap daerah punya wisata arung jeram. Soalnya, gampang banget nyari sungai di Indonesia. Belum lagi kalau yang daerahnya di pegunungan, makin mantap aja tuh wisata arung jeramnya.

Asal kamu tahu aja, dari sekian banyak wisata arung jeram di Indonesia, ada beberapa lokasi yang wajib banget kamu coba. Soalnya, arus sungai bikin adrenalin naik banget. Pastinya, bakal seru dong. Makanya, ini dia daftar wisata arung jeram di Indonesia paling mantap:

Salah satu kawasan Sungai Asahan. (tobachampionships.com)

1. Sungai Asahan

Sungai Asahan ada di Sumatera Utara. Asahan gak cuma moncer di Indonesia. Sungai ini udah terkenal banget di seluruh dunia. Karena sungai ini dianggap salah satu sungai terbaik buat arung jeram. Arus Asahan ada di grade 4-5. Jadi, wajar aja kalau sungai ini terkenal ke mana-mana.

Selain arus sungai, medan di Asahan ini termasuk berat dan menantang. Kalau kamu masih amatir, Kamu mesti ditemenin sama orang yang udah terbiasa main di Asahan.

Arung jeram di Sungai Asahan. (ancolarungjeram.blogspot.com)

2. Sungai Alas

Sungai Alas berlokasi di Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh. Lokasi yang eksotis itu ketambahan sama arus Sungai Alas yang keren. Arus Alas terhitung ada di grade 3-4. Selain itu, Alas punya deretan belokan yang menantang. Dijamin bakalan puas deh main di sini.

Belum lagi kalau pas main, ketemu satwa di Leuser yang lagi minum, wah sensasinya bener-bener bikin nagih.

Arung jeram di Sungai Alas. (exploresumatra.blogspot.com)

3. Sungai Ayung

Sungai Ayung ada di Bali. Ayung adalah sungai paling panjang di Pulau Bali. Grade arus sungai ini adalah 2-3. Enak banget buat kamu yang masih pemula. Karena ada di Bali, jangan heran deh banyak panorama keren sepanjang sungai. Ayung emang juara buat wisata arung jeram di Indonesia.

Rafting di Sungai Ayung. (bigbalitours.com)

4. Sungai Batang Tarusan

Sungai Batang Tarusan berlokasi di Sumatera Barat. Batang Tarusan termasuk yang paling aman dan nyaman. Kalau musim kemarau, rintangan di Batang Tarusan ga susah-susah banget. Grade arusnya cuma 2-3. Tapi kalau udah di musim hujan, Batang Tarusan jadi salah satu wisata arung jeram terbaik di Indonesia. 

Ada banyak tantangan di sini. Jebakan betmen khas Batang Tarusan bisa bikin kamu makin bernyali, deh.

Arung jeram di Sungai Batang Tarusan. Sumber: (instagram @mapalaunan)

5. Sungai Elo

Sungai Elo terletak di Jawa Tengah. Lokasinya ada di sekitar kawasan Borobudur. Elo sama kayak Ayung, sih. Grade arusnya kisaran 2-3. Ada beberapa variasi yang ditawarkan di Elo. Tapi yang jelas, Elo enak banget buat wisata pedesaan. 

Kalau main arung jeram di Elo, kamu bisa menikmati banyak pemandangan khas desa Jawa Tengah. Jadi, rasain deh sensasinya... nendang banget!

Arung jeram di Sungai Elo. (www.instagram.com)