5 Tips Mengatasi Tumit Pecah dan Kering, Segera Atasi ya! Biar Nggak Perih

Tumit pecah-pecah dan kering menyebabkan rasa perih. Selain itu, nggak cantik juga kalo kamu mengalaminya. Jadi, segera atasi dengan 5 tips mudah ini.

Sebel nggak sih kalo tumit nggak sehat gini? Pecah-pecah dan kering. Ini persoalan sejuta umat. Udah ganggu penampilan. Ditambah harus menahan perih. So, apa yang mesti dilakukan selain mengatasinya dengan cara yang mudah? Nggak ada. Satu-satunya cara ya cuma mengatasinya.

Tumit pecah-pecah dan kering bisa disebabkan beberapa hal. Karena cuaca yang kering dan kebiasaan tertentu. Atau sangat mungkin karena penyakit tertentu seperti diabetes. 

5 tips ini bisa diaplikasikan pada kebiasaan sehari-hari.

1. Rutin mengoleskan pelembab

Karena kondisi tumit yang sangat kering. Trus digunakan beraktivitas tanpa diberi pelembab bisa menyebabkan kulitnya pecah-pecah. Jadi, cara mengatasinya, kamu mesti rutin mengoleskan pelembab ke bagian tumit. 

Jika kamu rajin mengoleskan body lotion ke kaki. Oleskan juga hingga ke tumit. Minimal, agar tidak terlalu kering dan mengakibatkan pecah-pecal. Oleskan 2 kali sehari. Pagi sebelum beraktivitas dan malam sebelum tidur. 

Mengoleskan krim pelembab pada tumit (expertreviews.co.uk)

2. Pakai kaos kaki saat tidur

Sebelum tidur, oleskan pelembab juga. Lalu, pakai kaos kaki. Kaos kaki yang bisa membuat kulit kaki tetap bernapas tapi ya. 

Memakai kaos kaki saat tidur. Bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit tumit. Jadi, coba memakainya saat tidur.

Tidur mengenakan kaos kaki (m.dailyhunt.in)

3. Rendam air hangat

Ini bermanfaat mengangkat sel kulit yang sudah mati. Siapkan air suam-suam kuku untuk merendam kaki. Gosok perlahan dengan batu apung. Atau, kamu juga bisa menambahkan garam epsom. Nah, kalo kamu melakukannya rutin. Cuma dengan merendam 10 menit, maka tumit kaki akan selembut kulit bayi. Mudah dan singkat kan?

Rendam kaki dengan air hangat dan menggosok batu apung (m.caping.co.id)

4. Cukup minum air putih

Minum cukup air putih ( link : https://paragram.id/wanita/manfaat-yang-didapat-dari-air-putih-setelah-bangun-tidur-188) bermanfaat banyak sekali. Dehidrasi atau kurang cairan dalam tubuh bisa menyebabkan kulit kering. Termasuk kulit tumit. 

Selain mengenakan pelembab. Minum cukup air putih adalah kebiasaan yang bisa mengurangi tumit pecah-pecah dan kering. Namun, jika sampai mengalami infeksi. Maka cara terbaik adalah konsultasi dengan dokter agar ditangani secara tepat. 

Minum air putih (naijafoodtherapy.com)

5. Manfaatkan bahan alami

Ada beberapa bahan alami yang bisa membantumu mengatasi tumit pecah-pecah dan kering. Antara lain sebagai berikut.

Lemon

Lemon mengandung antibakteri dan antivirus. Lemon bisa melembutkan kulit tumit. Coba rendam kaki menggunakan air suam-suam kuku dengan perasan lemon. Lakukan selama 10 menit saja. Nggak perlu terlalu sering. Cukup seminggu 3 kali saja. Pasti, kulit sekitar telapak kaki akan terasa lembut dan lembab.

Cuka apel

Perasan lemon untuk merendam kaki (youbeauty.com)

Asam asetat dalam cuka apel bisa membantu mengatasi masalah ini. Cukup dengan mencampurkan setengah cangkir cuka apel dengan air hangat. Kemudian rendam kaki di dalamnya selama 10 menit. Gosok pelan-pelan dengan batu apung. Dan oleskan krim pelembab setelah membilasnya dengan air bersih.

Pisang

Merendam kaki dengan cuka apel dan air hangat (newhealthguide.org)

Pisang bisa membantu melembabkan kulit. Selain itu, kulit kaki juga akan terasa lembut. Satu buah pisang dan satu sendok makan madu, kemudian campurkan hingga berbentuk pasta. Lalu oleskan pada tumit dan gosok pelan. Nggak butuh waktu lama, maksimal 20 menit saja. Bilas dengan air bersih sesudahnya. Kamu cukup mengoleskannya dua minggu sekali. 

Mau coba yang mana? Semua mudah dilakukan kok. Jadi, kamu nggak usah khawatir kalo merawat tumit itu menghabiskan waktu atau biaya. 

Pasta pisang dan madu untuk tumit (ledisia.com)