Ingin Bangun Pagi dan Produktif? Hindari 3 Kebiasaan Berikut!

Merasa ga produktif? Jangan-jangan karena kebiasaan kita yang salah selama ini...

Udah banyak penelitian yang bilang kalau bangun di pagi hari itu banyak sisi positifnya. Tapi, ga sedikit dari kita yang belum punya mekanisme untuk bangun pagi dan produktif setiap harinya. Kebanyakan orang sukses juga punya kebiasaan pagi yang baik sebelum memulai aktivitasnya seharian. Maknya, coba deh, hindari kebiasaan-kebiasaan berikut ini

1. Jangan Pernah Snooze Alarm!

Segeralah keluar dari tempat tidur jika kamu ingin harimu produktif. Nah, cara untuk segera beranjak dari tempat tidur adalah jangan gunakan snooze alarm. Kenapa? Karena kemungkinan besar kamu akan tidur lagi. Beranjaklah dari tempat tidur, langsung mandi, dan segera sarapan. Lalu, awali harimu dengan mengerjakan tugas-tugasmu. 

Untuk mengganti kebiasaan snooze, coba jauhkan jam weker atau handphone dengan alarm di tempat yang sulit kamu jangkau hingga kamu harus bangun untuk menggapainya. Dengan begitu, kamu memaksa dirimu untuk bangun dan beranjak untuk mematikan alarm tersebut.

Jangan biasakan snooze alarm (drjeffbrown.com)

2. Sarapan Terlalu Banyak

Sarapan itu penting banget. Sarapan memberi energi ke tubuh supaya kamu ngga lemes beraktivitas dari pagi hingga siang harinya. Banyak penelitian yang menyebutkan sarapan itu penting dan jangan sampai dilewatkan. Akan tetapi, tidak berarti sarapan banyak itu memberi energi yang banyak. 

Justru, ketika kamu sarapan terlalu banyak, tubuhmu fokus membakar energi dan membuatmu mengantuk. Roti atau sereal adalah pilihan yang cukup aman. Lebih baik lagi kamu bisa membuat smoothie bowl berisi buah-buahan segar yang sehat dan tetap mengenyangkan. Selain secangkir kopi, teh hijau juga bisa menjadi pilihan. Teh hijau bisa membuat pikiranmu menjadi tenang. Awali harimu dengan perasaan damai dan rileks ya. 

Sarapan pagi yang cukup dan menyehatkan (racheltalbott.com)

3. Jangan Awali Harimu dengan Mengecek Gadget

Membuka gadget sedari bangun tidur sebaiknya kamu hindari deh. Setelah mematikan alarm, tahan dulu niat kamu untuk membuka smartphone. Baik itu sekedar mengecek media sosial ataupun mengecek email pekerjaan. Kenapa? Karena nanti pikiranmu jadi terdistraksi oleh hal-hal di sekitarmu. 

Mengecek smartphone juga menghabiskan waktu lho, kadang kita ga sadar aja. Prinsipnya adalah jangan menunda. Menunda-nunda untuk bangun hanya menghabiskan waktu. Mengecek gadget hanya akan menunda kamu untuk segera produktif. Untuk menghindari distraksi semacam ini, kamu bisa coba meditasi sebelum mandi. Tidak harus lama, cukup 5-10 menit. Kosongkan pikiranmu dari hal-hal negatif, pikirkan hal-hal positif, lalu bersiaplah mengawali harimu. 

Itu dia kiat-kiat agar kamu lebih produktif setiap harinya. Oh iya, bangun di pagi hari itu juga bentuk kegigihan kita untuk keluar dari zona nyaman lho. Yuk, coba tantang diri kita untuk lebih produktif dan lihat hasilnya.

Mengecek gadget sebelum beranjak dari tidur membuatmu bermalas-malasan (pexels.com)