9 Jenis dan Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan

Kebal penyakit itu harapan setiap orang. Karena sakit itu nggak enak. Apalagi buat kamu yang punya banyak rencana.

Betul, buah apel bisa menjadi tumpuan kesehatan. Jenisnya yang beragam mesti dikenali satu-satu. Selain itu, kamu juga perlu tahu manfaatnya. Kalo tertarik menghias kebun depan rumah sih, gampang juga nyari pohon apel malang. Pertama, simak dulu jenis-jenis buah apel yang mudah dijumpai di Indonesia. 

1. Apel manalagi

Warna hijau kekuningan dan buahnya bernbentuk lonjong. Pangkal dan pucuk lekuknya dalam. Apel ini memiliki kandungan air yang banyak. Rasanya cenderung manis dan segar. 

Perkebunan apel di Batu, Jawa Timur, juga menanam jenis apel ini. kamu juga bisa menemukan manalagi cherry yang ukurannya lebih kecil. Tetapi meskipun kecil, rasanya nggak kalah segar dari manalagi berukuran sedang. Hanya memang jenis bibit pohonnya yang berbeda. 

sayurpedia.com

2. Apel fuji

Kulitnya bintik-bintik warna merah muda. Hampir diseluruh permukaan kulitnya. Meskipun tidak merata, tetapi warnanya bisa membuat khas. Dan memudahkan kamu mengenalinya.

Rasanya segar dan manis. Apel fuji populer di Jepang, Korea, Tiongkok, dan Amerika. Selain rasanya yang menyegarkan, apel fuji juga mengandung antioksidan tinggi.

ke-bun.com

3. Golden delicious

Apel ini warna kulitnya kekuningan muda. Daging buahnya berwarna putih dan sedikit keras. Rasanya sedikit asam. Biasanya dipakai campuran untuk pie dan saus apel.

specialtyproduct.com

4. Granny smith

Asalnya sih dari Australia, tapi nggak susah didapatkan di Indonesia. Warna kulitnya hijau mengkilat. Rasa sedikit asam dan berbulir. Ukurannya sedang, lebih kecil dibandingkan apel fuji.

sl.wikipedia.org

5. Apel washington

Namanya sudah menunjukkan asalnya. Apel yang dikirim dari Amerika ini berwarna merah tua. Rasanya manis dan sedikit bertepung. Hampir setiap supermarket atau pasar tradisional di Indonesia menjual apel washington.

newagemarket.net

6. Apel anna

Warnanya emang mirip apel fuji. Tetapi apel ini merupakan buah yang favorit dari Batu, Malang. Bentuknya pun lebih lonjong dibanding apel yang lain. Ketika sudah tua dan masak, warnanya hijau kemerahan. 

Saat masih muda warnanya hijau. Rasanya sedikit asam tetapi justru menambah kesegaran. 

pergiberwisata.com

7. Princess noble

Warnanya hijau kekuningan. Buahnya agak bulat dibanding dengan apel rome beauty. Lekukan dipangkal dan ujung tidak terlalu dalam. 

teenhoven-bomen.nl

8. Rome beauty

Apel ini punya ciri-ciri warna kulit buah tetap hijau kemerahan meski sudah masak. Rata-rata berat setiap buah 175 gram. Dagingnya keras, teksturnya halus dan aromanya tercium kuat. 

Rasa apel rome beauty sedikit asam.  Kamu bisa menemukan buah apel ini di Batu, Malang. Bahkan, di kebun tertentu yang populer, kamu bisa petik langsung dari pohonnya. 

tokopedia.com

9. Royal gala

Rasa manis dan aroma tajam khas dari apel royal gala. Asalnya dari Selandia Baru. Warna kulitnya kekuningan dan bergaris-garis merah.


Dari 9 jenis apel tersebut, kamu bisa mendapat manfaat saat mengkonsumsinya secara rutin. Dalam satu buah apel, terkandung 95 gram kalori, 25 gram karbohidrat, 1/2 gram protein, 4 gram serat dan 0,4 gram lemak. 

Begini manfaatnya.

exportersindia.com

1. Mencegah kanker

Pakar kesehatan menyimpulkan bahwa mengonsumsi 1 buah apel setiap hari dapat membantu mengurangi resiko penyakit kanker paru dan kanker payudara. Artinya, sel kanker akan terkikis ketika mengkonsumsi rutin buah apel.

2. Kesehatan syaraf

Dalam buah apel mengandung antioksidan quercetin. Zat ini bisa mengurangi sel mati di dalam syaraf karena oksidasi atau peradangan. Selain itu, buah apel dapat mengurangi resiko terserang alzheimer.

3. Kesehatan jantung

Rutin mengkonsumsi satu hingga dua buah apel sehari bisa mengurangi terserang penyakit jantung turunan dan menurunkan kolesterol. 

gardening.nurserylive.com

4. Menurunkan resiko diabetes

Glukosa yang dikandung buah apel adalah glukosa alami. Zat yang dikandung apel justru membantu pankreas menghasilkan insulin. Baiknya, bagi penderita diabetes tidak meminum jus kemasan rasa apel. Lebih baik, mengkonsumsi buahnya langsung atau membuat jus dengan tanpa campuran gula.

5. Baik untuk pencernaan dan menghilangkan bau mulut

Apel kaya serat, maka baik untuk memperlancar proses pencernaan. Selain itu, kandungan pektun pada buah apel bisa meningkatkan produksi air liur dan menghilangkan bau mulut.

Nah, buat kamu yang tertarik mengkonsumsi buah apel secara rutin. Perhatikan juga cara membersihkan lapisan pengawet pada kulit buah apel.  Lapisan pengawet yang mirip seperti lilin ini bisa dibersihkan dengan air. Campurkan air dengan cuka atau baking soda. kemudian gosok hingga bersih. Setelah mencucinya hingga bersih, kamu bisa memakan buah apel beserta kulitnya. 

shutterstock.com