Kenali dulu Jenis-jenis Kopi Ini Sebelum Nongkrong di Kafe!

Sebelum kamu dateng ke kafe, yuk ketahui dulu jenis kopinya biar nggak menyesal karena salah beli.

Beragamnya jenis kopi yang ditawarkan sama kafe kadang bikin kita bingung mau pilih yang mana. Nggak sedikit juga yang malu bertanya sama barista, walhasil asal pesan aja. Padahal, satu menu dengan yang lain itu beda banget rasanya. Nggak mau dong malu karena ga tau menu-menu kopi yang ditawarkan? Kenali dulu jenis-jenis kopi berikut ini.

1. Espresso

Espresso ini jenis kopi yang paling sering kita temu di kafe. Espresso ini merupakan cairan kopi murni yang diolah dari mesin khusus. Menu ini yang biasanya jadi menu paling pertama di kafe, soalnya cairan kopi murni ini memang ibaratnya bahan dasar yang menghasilan variasi menu kopi lainnya. Espresso disajikan dalam takaran yang sedikit, disajikan dalam satu sampai dua shots aja. Meski cuma sedikit, kandungan kopi dan rasa pahitnya kuat banget. Kalo kata peribahasa sih 'kecil-kecil cabe rawit', sekali teguk kamu bisa melek seharian. 

pexels.com

2. Americano

Nah, kalau espresso terlalu pahit buatmu, kamu bisa coba Americano yang merupakan campuran espresso dengan air. Beberapa kafe menggunakan istilah Long Black untuk menyebut Americano. Berbeda dengan espresso, Americano bisa ditambahkan gula kalo nggak pengen terlalu pahit. Americano ini termasuk menu yang paling aman kalo kamu pengen ngerasain kopi tanpa campuran lain, tapi nggak se-pahit espresso. 

tripadvisor.com

3. Cappuccino

Mungkin kalian udah sering denger ya jenis kopi yang satu ini dari kopi instan yang beredar di pasaran. Tapi tahu nggak sebenernya cappuccino itu campurannya apa aja? Jadi, kalo di kafe itu campuran kopi dengan susu punya banyak banget variasinya, salah satunya Cappuccino. Selain dicampur dengan susu, Cappuccino juga mengandung buih susu. Buih atau foam ini merupakan susu yang dikocok hingga berbusa. Adanya buih ini memberi rasa yang berbeda lho pada kopi. 

lovetiki.com

4. Cafe Latte

Cafe Latte merupakan kombinasi espresso dengan susu juga seperti Cappuccino. Bedanya, komposisi susu pada Latte ini lebih banyak. Latte ini bisa jadi pilihan kamu yang belum pernah nyoba kopi sebelumnya. Karena rasa susunya yang cenderung creamy, bisa menyamarkan rasa pahit pada kopi. Kamu bisa tambahkan gula juga kalau suka yang manis. Uniknya, Latte ini biasanya disajikan dengan hiasan latte art yang lucu-lucu banget bentuknya. Bagus deh buat dipasang di Instagram kamu.

pexels.com

5.Macchiato

Selanjutnya adalah macchiato. Masih sama seperti kedua jenis di atas, menu ini percampuran dasar antara espresso dengan susu. Nah, macchiato ini ada dua jenis, espresso macchiato dan latte macchiato. Espresso macchiato artinya menambahkan sedikit susu ke gelas yang sudah berisi espresso. Sebaliknya, latte macchiato artinya menambahkan sedikit espresso ke dalam gelas susu. Macchiato mungkin bisa jadi pilihan buat kamu yang ga terlalu suka sama aroma susu yang menyengat seperti di umumnya di Cafe Latte.

aol.com

6. Mocha Latte

Kalau kamu pemuja coklat, kamu harus coba menu yang satu ini. Mocha merupakan campuran antara espresso, susu dan sirup cokelat. Perpaduan kopi dan coklat ini memberikan rasa yang khas bila dibanding menu-menu campuran susu lainnya. Makanya, mocha sering jadi menu makanan lain seperti es krim. Mocha Latte disebut juga Coffee Mocha di beberapa tempat. 

spoonuniversity.com

7. Affogato

Terakhir, Affogato ini menu yang paling beda dari kopi-kopi sebelumnya. Mungkin kamu akan menyangka Affogato ini lebih mirip seperti dessert pada makanan. Affogato merupakan perpaduan antara beberapa scoop es krim yang disiram dengan espresso. Biasanya sih es krim rasa vanilla. Karena es krimnya, rasanya jadi nggak terlalu pahit. Affogato ini bisa jadi alternatif menu kopi dingin, karena biasanya menu es kopi dingin disajikan dengan es batu. Buat kamu penyuka es krim, harus coba menu Affogato ini deh. 

Yuk mari ngopi~

vinepair.com