9 Selebriti Hollywood yang Pernah Menjadi Korban Bullying

Mungkin mereka berdiri di satu garis yang sama dan sama-sama bersuara: STOP BULLYING!

Setidaknya, setiap orang pasti punya cerita yang beragam di sekolah. Sebagian dari mereka pasti pernha mendapat cerita yang tak sama indahnya dengan teman-temannya.

Yang paling nggak enak dari semua itu ya, di-bully sama temen-temen. Termasuk yang parah sekalipun, pasti ada aja. Rasanya sama nggak enaknya dengan makan bangku sekolah. Yaiyalah, bangku sekolah buat duduk aja dan ngikutin pelajaran sampe pinter. Ngapain dimakan coba?

Nah, cerita-cerita tentang bullying di sekolah pun pernah dialami oleh sejumlah orang-orang beken di Hollywood. Kalian mungkin kenal beberapa di antara mereka. Simak dulu deh nih beberapa selebriti Hollywood yang pernah jadi korban bully di sekolahnya.

1. Kurt Cobain

Siapa yang nyangka kalo legenda musik beraliran grunge ini sering di-bully. Vokalis sekaligus pentolan band Nirvana ini pernah mengalami masa sulit tepat setelah orangtuanya bercerai saat Kurt masih berusia 9 tahun. Ia mencari jati diri dalam lingkungan dan agamanya. 

Ia menjadi pribadi yang tertutup dan tak memiliki banyak teman. Ia berkawan dengan seorang laki-laki gay, dan praktis setelahnya, ia menjadi objek bully-an dari teman-temannya.

billboard.com

2. Jennifer Lawrence

Aktris cantik yang beken dengan nama J-Law ini adalah objek perundungan juga saat masih bersekolah. Ia mengalami penyiksaan sejak SD sampai SMA. 

Dulu, ia mengatakan tak pernah diundang acara-acara teman sekolah, misalnya acara ulang tahun temannya. Ia juga sempat dibuang ke tempat sampah oleh teman-temannya. 

zimlicious.com

3. Eminem

Eminem adalah penyanyi rap kenamaan Amerika Serikat. Sebelum jadi rapper terkenal, ia mengaku sering dipukuli teman-temannya di lorong sekolah hingga dihantam ke loker sekolah. Pasalnya, pekerjaan orangtuanya membuat mereka sekeluarga sering berpindah-pindah. Dan bullying yang diterimanya terjadi berulang kali. ia selalu menjadi 'anak baru'.

Saat usianya masih 9 tahun, hidungnya patah dan diopname karena luka-luka di sekujur tubuhnya. Gegar otak pun pernah dialaminya pula. Orangtuanya pernah menuntut kejadian itu lewat hukum, namun kalah. Sebagai gantinya, ia bikin gebrakan dahsyat lewat lirik-lirik lagu rap-nya.

nickyswift.com

4. Demi Lovato

Demi adalah korban bullying pula. Dia selalu dihina karena ukuran tubuhnya. Akhirnya, ia jadi punya kelainan pola makan. Teman-temannya tak sekadar menyiksa Demi, bahkan mereka datang ke rumah Demi untuk melakukan berbagai tindakan bullying.

Demi akhirnya keluar dari sekolah umum dan lulus dari home-schooling. Kini, ia berubah menjadi pentolan organisasi anti-bully dan memotivasi banyak orang lewat lirik-lirik lagunya.

variety.com

5. Christian Bale

Aktor tampan yang satu ini selalu bikin para penontonnya terkagum-kagum karena totalitas dalam aktingnya. Namun itu tak terjadi dalam sekejap. Bale memang sudah menjadi aktor sejak usia 13 tahun, sehingga tak banyak teman-teman yang ingin bergaul dengannya.

Debut filmnya pun disambut dengan pukulan dan tendangan dari teman-temannya. Mereka menganggap Bale tak pantas menjadi bintang. Namun, semua berubah semenjak negara api membakar semangatnya untuk menjadi lebih keren lagi. (*apasih...)

wealthygorilla.com

6. Rihanna

Penyanyi yang dikenal karena menyanyikan lagu tentang 'payung' ini sering di-bully karena terlalu kurus. Tubuhnya jadi bahan olok-olokan kawan-kawannya. Penyanyi asal Barbados ini sempat tumbuh tanpa rasa percaya diri dan kerap menyendiri.

Rihanna tak semata menjadi korban bullying. Ia juga sering menjadi korban olok-olok yang mengarah pada tindak rasisme. Sebab, ia bersekolah di lingkungan siswa yang membuat warna kulitnya beda sendiri. Kini, rasisme adalah tema yang paling ia tentang dengan keras.

stylecaster.com

7. Jackie Chan

Aktor bela-diri kawakan asal Hong Kong ini mengalami bullying juga saat masih kecil. Saat itu, kelakuan nakalnya membuat ayahnya menempatkannya di ekstrakurikuler bela diri. Namun ternyata, Jackie malah di-bully karena ia dianggap sebagai lawan yang paling lemah dan tak mampu membuat pertahanan diri.

Jackie di-bully hingga suatu hari ia membela seorang anak lain yang di-bully. Jackie berhasil mengalahkan pelaku bully tersebut dan merasa percaya diri setelahnya. Ia membawa pelajaran itu sampai setenar sekarang. Ia banyak memotivasi orang dan menyebut bela diri bukanlah untuk menyerang, tapi untuk bertahan.

thetimes.co.uk

8. Lady Gaga

Penyanyi yang sering tampil nyentrik ini merupakan korban bullying pula. Sejak dulu, dia dikenal akan gagasan-gagasan anti-mainstream-nya. Tapi hal itu justru dianggap aneh oleh teman-temannya dan tindakan bullying terjadi setelahnya.

Ia pernah diangkat tinggi-tinggi oleh tiga teman laki-lakinya. Setelah itu, dia dibuang ke tempat sampah. Belum lagi lokernya yang penuh coret-coretan cemoohan, bahkan disiksa di lorong kelas. Kini, ia memimpin organisasi anti-bullying bernama Born This Way Foundation.

theblast.com

9. Justin Timberlake

Penyanyi tampan yang satu ini jadi korban bullying juga saat masih sekolah dulu. Sebabnya, Justin tidak menyukai sepak bola dan teman-temannya mengkategorikannya sebagai banci.

Justin menambah parah keadaannya setelah ia bergabung dengan Mickey Mouse Club di Walt Disney. Ia memang terlibat dalam banyak pagelaran drama musikal. Bukannya diterima, ia malah terus disiksa karena ia tak memiliki kesukaan yang sama dengan teman-teman laki-laki lainnya. 

Tapi Justin tegar. Suami aktris Jessica Biel ini menganggap bahwa perbedaan dan situasi buruk saat sekolah itulah yang membawanya pada kesuksesan yang ia raih saat ini.


Selain selebriti atau penyanyi di atas, masih banyak nama-nama lain yang belum disebutkan seperti Kate Winslet, Ryan Gosling, Miley Cyrus, Howard Stern, Sandra Bullock, Angelina Jolie, dan seterusnya. Tak hanya dari Hollywood saja, tapi di tingkat dunia.

Masih banyak nama lain yang pernah menjadi korban bullying yang sukses dikemudian hari. Dari mereka seharusnya kita bisa belajar bahwa tindak bullying memang mengerikan. Percaya diri seseorang bisa hancur karenanya. Padahal, perbedaan adalah kunci suksesnya. Selamat merenungkan hal ini ya.

chron.com