Pulau Berpenduduk Terbanyak dan Paling Padat di Dunia, Bayangkan Tinggal di Pulau Nomer 4

5 pulau di dalam daftar ini adalah pulau-pulau berpenduduk terbanyak sekaligus yang paling padat ditinggali manusia. Salah satunya adalah pulau yang ada di Indonesia.

Penduduk dunia saat ini berjumlah 7,6 miliar yang tersebar di 5 benua. 10 persen diantaranya, atau sekitar 730 juta orang mendiami wilayah kepulauan.

Meskipun definisi pulau masih diperdebatkan, beberapa pulau di dunia ini menempati peringkat pulau padat penduduk. Kepadatan ini bervariasi antara yang padat karena jumlah penduduknya yang banyak atau padat karena luas wilayah pulau yang tidak terlalu besar.

Tanpa menambah basa-basi mari lihat 5 pulau berpenghuni terbanyak di dunia. Daftar ini akan mengkombinasi jumlah terbanyak dan tingkat kepadatan karena wilayah.

1. Pulau Jawa, Indonesia

Pulau Jawa menempati peringkat teratas pulau terpadat di sedunia. Menurut wikipedia, luas Pulau Jawa berkisar di angka 138,800 kilometer persegi. Jumlah manusia yang menempati pulau ini sebanyak 141,370,000 jiwa (2015). Dengan begitu kepadatan Pulau Jawa adalah 1,117 jiwa per kilometer persegi. Pantas saja setiap sudut Pulau Jawa kita pasti menemukan orang yang sedang beraktivitas untuk bertahan hidup dilahan yang sempit ini.

wikipedia.org

2. Pulau Honshu, Jepang

Negara Jepang merupakan negara dengan kondisi geografis kepulauan yang sama seperti Indonesia. Dengan luas daratan yang hanya 370 ribu kilometer persegi. Pulau yang paling pada penduduk di Jepang adalah Pulau Honshu yang hanya seluas 225,800 km persegi. Pulau ini dihuni hampir 104,000,000 jiwa (2010). Cukup lengang dibandingkan dengan Pulau Jawa karena kepadatan penduduk hanyalah 451 jiwa per km persegi. Meski begitu di Pulau Honshu terdapat kota berpenduduk terbanyak dan terpadat dunia yaitu Kota Tokyo. Dengan hanya memiliki luas area perkotaan sebesar 13,500 km persegi, Tokyo dihuni 38 juta penduduk. Sehingga kepadatan Tokyo mencapai 2,642 jiwa per km persegi.

wikipedia.org

3. Taiwan, China

Meski Pulau Taiwan hanya dihuni 23,461,708 manusia (2015), tetapi pulau ini menempati peringkat ketiga pulau yang paling padat penduduknya. Hal ini lantaran pulau Taiwan hanya seluas 35,883 km persegi. Pulau ini semakin terasa padat penduduknya karena kebanyakan penduduk tinggal di wilayah barat pulau yang datar. Sedangkan wilayah timur Pulau Taiwan berupa pegunungan. Tentu akan sangat susah digunakan untuk membangun area permukiman penduduk.

wikipedia.org

4. Salsette, India

Jika kalian bertanya-tanya ada nggak sih pulau yang lebih padat penduduk dari Pulau Jawa dilihat dari perbandingan jumlah penduduk dan luas wilayah, maka jawabannya adalah Pulau Salsette di India. Fakta pertama, pulau ini hanya seluas 619 km persegi. Namun manusia yang mendiami pulau ini mencapai 15,111,974 jiwa. Dengan begitu kepadatan perkilometer perseginya adalah 24,414 jiwa. Jauh dibandingkan dengan Pulau Jawa yang hanya 1,117 jiwa. Kok bisa ya mereka hidup dempet-dempetan kayak gitu?

wikipedia.org

5. Luzon, Filipina

Negara kepulauan lain yang pasti masuk dalam daftar ini tentunya adalah Negara Filipina. Sama seperti Jawa dan Honsu, pulau terpadat di Filipina adalah pulau utama yaitu Pulau Luzon. Pulau ini memiliki luas sekitar 109,965 km persegi. Jumlah manusia yang menghuninya sebanyak 53,336,134 jiwa. Kepadatan pulau ini berkisar diantara 490 jiwa perkilometer persegi. Fakta lain tentang Luzon adalah ia dihuni hampir 53 persen penduduk Negara Filipina.

wikipedia.org