Keuntungan Olahraga Renang untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Olahraga renang bisa menjadi pilihan kamu untuk menurunkan berat badan. Banyak keuntungan dari olahraga ini selain berdiet.

Renang adalah salah satu jenis olahraga yang jamak dilakukan oleh banyak orang. Olahraga ini merupakan jenis olahraga yang dilakukan di dalam air. Untuk melakukannya, kamu harus menggerakakan tubuh dari tangan sampai kaki agar bisa melaju diatas air. Tentu saja renang termasuk olahraga yang berat namun mengasikkan.

Bagi kamu yang sedang berdiet, olahraga renang bisa menjadi alternatif untuk menurunkan berat badan. Kali aja kamu sudah bosan nge-gym dan lari atau jogging. Selain kamu tak harus berpanas-panasan seperti saat lari atau berkeringat banyak seperti saat nge-gym, banyak keuntungan lain yang bisa didapat dari melakukan aktivitas ini. Keuntungan dari olahraga renang antara lain:

1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Sebagai olahraga yang tergolong berat jika dilakukan dengan benar, aktivitas olahraga renang mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini dikarenakan kamu harus menggerakkan kedua tangan dan kedua kaki secara terus menerus. Meningkatnya metabolisme dalam tubuh dapat mempercepat proses pembakaran karbohidrat, protein, serta lemak dalam tubuh.

Peningkatan metabolisme dalam tubuh tentu berdampak positif dalam upayamu untuk menurunkan berat badan. Selain itu proses pertukaran nutrisi dan pembuangan sampah tubuh terjadi dengan cepat. Sehingga zat-zat beracun dalam tubuh akan segera terbuang dan tak lagi menumpuk dalam tubuh.

2. Menurunkan berat badan

Tujuan berdiet tentu untuk menurunkan berat badan. Ketika kamu berenang banyak sekali otot tubuh yang digunakan. Kebutuhan energi untuk menggerakkan otot ini akan disuplai dengan pembakaran cadangan lemak yang ada dalam tubuh. Dengan begitu berat badanmu akan cepat turun karena cadangan lemak telah digantikan dengan massa otot yang semakin membesar.

thedp.com

3. Membentuk tubuh yang indah

Jika melihat volume otot dengan lemak, maka konversi yang dihasilkan setelah kamu rutin menjalani aktivitas berenang akan membuat tubuhmu tampak lebih langsing. Postur tubuh juga bisa menjadi semakin tegap mengingat gerakan berenang mangharuskan kamu untuk meluruskan badan. Terutama dalam renang gaya bebas.

Gaya berenang yang lain, seperti gaya punggung maupun gaya kupu-kupu yang banyak memanfaatkan otot lengan bagian atas, akan menambah volume otot lengan tersebut. Ditambah dengan berkurangnya lemak di perut maka dengan berenang secara rutin tubuhmu akan semakin terbentuk secara indah.

4. Menyehatkan tubuh

Selain berfungsi untuk diet, olahraga renang juga mampu menyehatkan tubuh dengan memacu jantung lebih keras sehingga aliran darah ke seluruh tubuh lebih lancar, dan tubuh menjadi lebih fit atau segar. Aliran darah yang lancar meningkatkan pasokan nutrisi ke seluruh tubuh dengan penyerapan yang efektif dan siklus pembersihan toksik tubuh yang efisien.

murid.info

5. Menjaga kestabilan kadar kolesterol dalam tubuh

Berat badan berlebih atau obesitas merupkan kondisi tidak sehat yang dapat berdampak pada timbulnya penyakit. Diet sehat yang dapat menurunkan berat badan yaitu dengan menjaga kestabilan kadar kolesterol atau lemak tubuh. Berenang mampu membakar lemak dalam tubuh sebagai upaya diet untuk mendapatkan bebat badan ideal.

Penjelasan keuntungan olahraga renang di atas bisa menjadi pilihan bagi kamu untuk berdiet. Meskipun tergolong berat aktivitas ini efektif untuk menurunkan berat badan. Selain itu olahraga renang juga tergolong mengasyikkan karena dilakukan didalam air, banyak vairiasi gaya yang bisa dipilih, atau jika perlu lakukan di kolam renang indoor sehingga kamu tidak perlu berpanas-panasan.