Indonesia Visa Free, 9 Negara Bebas Visa yang Harus Kita Kunjungi dari Indonesia

Berlibur ke luar negeri adalah impian banyak orang di Indonesia. Berikut ini adalah 9 negara yang bisa kita kunjungi dari Indonesia tanpa harus memiliki visa terlebih dahulu. Indonesia visa free.

Siapa yang tak ingin berlibur ke luar negeri? Jika tabungannya cukup, melancong ke mancanegara tentu menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Kita bisa melihat berbagai macam budaya, manusia, atau pemandangan yang sama sekali tidak ditemukan di dalam negeri.

Tetapi bagaimana bagi kalian yang keuangannya pas-pasan? Apakah harus menyerah untuk tidak berlibur ke luar negeri? Tentu saja jangan. Masih banyak cara kok untuk berlibur ke mancanegara dengan dana pas-pasan. Salah satunya adalah mencari negara tujuan yang memberlakukan kebijakan wisatawan asal Indonesia visa free.

Jadi di 9 negara di bawah ini kalian tidak perlu mengeluarkan uang untuk memiliki visa yang tentu saja bisa menghemat biaya perjalanan. Yuk kita lihat mana saja negara yang bebas visa dari Indonesia.

1. Kamboja, Singapura, Thailand, Myanmar, Filipina, Vietnam, dan Myanmar

Kalian tidak perlu memiliki visa untuk berlibur ke negara Kamboja, Singapura, Thailand, Myanmar, Filipina, Vietnam, dan Myanmar. Namun kalian hanya akan mendapat kesempatan berkunjung sebanyak 30 hari dan 14 hari khusus untuk Myanmar. Alasan pemberlakuan visa free ini karena negara-negara jiran ini berada dalam perjanjian ASEAN.

Negara ASEAN (techcrunch.com)

2. Cina

Untuk berkunjung ke Cina daratan memang masih membutuhkan paspor dan visa. Tetapi beberapa wilayah seperti Hainan, Hong Kong, dan Makau sudah tidak perlu lagi. Pasalnya daerah tersebut merupakan wilayah ekonomi khusus yang menjadi tempat perdagangan internasional.

Hong Kong (asia.nikkei.com)

3. Chili

Banyak negara Amerika Latin yang membebaskan wisatawan Indonesia dari mengurus visa. Cili adalah salah satunya. Kalian bisa berlibur di negara ini selama 90 hari untuk menyusuri Pegunungan Andes sebagai pegunungan terpanjang di dunia. Mungkin kurang ya waktu 3 bulan itu.

Negara Chili (smithsonianmag.com)

4. Kolombia

Negara Amerika Latin selanjutnya yang bisa dikunjungi tanpa memiliki visa adalah Kolombia. Jika kalian ingin berlibur ke negara asal penyanyi Shakira ini, kalian akan diberi waktu 90 hari. Tetapi kalian bisa memperpanjang waktu kunjungan 90 hari lagi jika kalian melapor ke bagian imigrasi setempat.

Negara Kolombia (irwan-noer.blogspot.com)

5. Ekuador

Negara Ekuador juga menjadi salah satu negara di Amerika Selatan yang dapat dikunjungi tanpa menggunakan visa. Sama seperti Kolombia dan Chili, lama waktu berkunjung ke negara ini adalah 90 hari. Di sana kalian akan menemukan banyak hal yang mirip dengan Indonesia seperti nama penduduk, transportasi bajaj, dan baju koko.

Negara Ekuador (panorama-magz.com)

6. Peru

Mau liburan ke Machu Picchu? Tak perlu repot mengurus visa. Negara Amerika Selatan terakhir dalam daftar ini membebaskan wisatawan Indonesia untuk berlibur tanpa mengurus visa. Kalian akan memiliki waktu yang banyak untuk menjelajahi peninggalan Suku Inca lainnya karena Peru membolehkan wisatawan Indonesia untuk tinggal selama 183 hari.

Negara Peru (peru.travel)

7. Maroko

Ingin mengunjungi Selat Gibraltar dan Gurun Sahara? Berlibur ke Maroko juga tidak perlu pakai Visa. Kalian hanya perlu rencana liburan untuk mengunjungi negara yang menamai salah satu jalannya dengan mantan presiden Soekarno ini. Waktu kunjungan juga cukup lama, yakni 3 bulan.

Negara Maroko (Instagram @saadmaulana)

8. Haiti

Salah satu negara di kawasan Karibia ini juga tidak memberlakukan visa bagi wisatawan asal Indonesia alias visa free. Waktu kunjungan sama dengan Maroko yakni 3 bulan. Dari negara ini, kalian bisa mengunjungi salah satu negara Karibia lain yang juga bebas visa, yaitu negara terakhir dalam daftar ini.

Negara Haiti (caribjournal.com)

9. Saint Vincent dan Grenadine

Kalau kalian pernah berlibur ke negara ini, kalian bisa sedikit menyombong dengan agak 'unik' kepada kawan-kawan kalian. Bilang saja pernah liburan ke negara 'Saint Vincent dan Grenadine' pasti mereka akan balik bertanya 'wuih di mana tuh?'. Indonesia visa free di negara ini cuma 1 bulan, tapi cukuplah sebagai bagian dari liburan ke Haiti di atas tadi.

Saint Vincent dan Grenadine (moveabroadnow.com)