Ratna Sari Dewi, Begini Perjalanan Hidup Istri ke-5 Presiden Sukarno

Ratna Sari Dewi, wanita asal Jepang yang membuat Presiden Sukarno jatuh cinta. Bagaimana perjalanan hidupnya hingga sekarang? Begini!

Ratna Sari Dewi bernama asli Naoko Nemoto. Wanita ini menjadi bagian penting dalam kehidupan presiden pertama Indonesia. Saat pertemuan pertama di sebuah hotel kota Tokyo, dua tokoh ini saling jatuh cinta.

Tak lama setelah merajut cinta, Bung Karno dan Naoko memutuskan untuk menikah. Kemudian Naoko Nemoto berubah nama menjadi Ratna Sari Dewi dengan proses naturalisasi.

Kecantikannya tak ada yang menandingi. Perjalanan hidupnya cukup kontroversial. Hidup Ratna Sari Dewi memiliki kisah yang tak biasa, yuk disimak ulasannya.

Pernah Berpose Menantang

Kabar ini mencengangkan bagi banyak pihak. Seorang wanita yang berstatus sebagai istri kelima presiden pertama cukup berani mengambil keputusan.

Sebuah majalah menawarkan berpose setengah telanjang, bersambut. Ratna Sari Dewi menerima tantangan tersebut. Pada tahun 1998 sebuah buku yang berjudul Madame de Syuga diluncurkan. Buku tersebut berisi panduan karya seni, body painting dan keindahan tubuh wanita cantik, Ratna Sari Dewi.

Ratna Sari Dewi menjadi model salah satu majalah (picswe.com)

Muncul Kecurigaan

Kecurigaan itu menuduh bahwa hubungan asmara antara Ratna Sari Dewi dan Bung Karno hanyalah hubungan bisnis. Wanita Jepang ini diduga utusan perusahaan Jepang yang ingin memenangkan proyek di Indonesia.

Berita ini tak mendapatkan kebenaran tertulis. Bisa jadi konspirasi atau memang benar adanya. Yang pasti, Ratna Sari Dewi dan Bung Karno terkena panah asmara.

Beberapa pihak menaruh kecurigaan tentang hubungannya dengan Presiden Sukarno (jambi.tribunnews.com)

Menyukai Seni

Beberapa artikel menuliskan masa lalu Naoko Nemoto. Istri Presiden Sukarno dikabarkan adalah seorang pekerja seni. Ia pernah bermain dalam film Jepang berjudul Nijushi no Hitomi.

Ratna Sari Dewi juga pernah bekerja di klub malam. Di Akasaka, klub malam yang elit, wanita manis ini bekerja dengan bayaran 10 ribu yen per malam. 

Ratna Sari Dewi bekerja di bidang seni (pulsk.com)

Tanggapan tentang Meninggalnya Bung Karno

Sedikit mengagetkan, Ratna Sari Dewi memberi tanggapan yang tak biasa tentang meninggalnya Bung Karno. Menurutnya, kematian Bung Karno adalah skenario. Presiden Pertama dibikin sakit dan digulingkan masa jabatannya.

Cukup mengundang banyak pertanyaan, meskipun kebenaran tetap tersembunyi tetapi kehilangan Bung Karno mungkin menjadi momen yang tidak mudah buat Ratna Sari Dewi.

(wongmawot.blogspot.com)

Cantiknya Awet

Usia tak membuat wanita kelahiran Jepang ini semakin menyurut. Pada tahun 2018, bulan 6 Februari ia merayakan ulang tahunnya yang ke 78. Penampilannya tetap anggun, garis-garis kecantikan masih lekat pada sosoknya.

Berusia 78 tahun tetapi tetap anggun (forum.detik.com)

Aktivitas Saat Ini

Netizen Instagram mengunggah foto Ratna Sari Dewi. Ia berfoto dengan tiga anjing kecil lucu. Dalam caption foto tersebut, tertulis bahwa wanita ini peduli dengan hak satwa. Beliau juga mengunggah fotonya yang menyuarakan dukungan terhadap perlindungan hewan di Jepang. 

Pada tahun 2017, Ratna Sari Dewi menjadi juri ajang Miss International 2017. Kabarnya, wanita ini sempat menjadi juri Miss Universe pada tahun 1978. 

Apa aktivitasnya saat ini? (gosumut.com)

Penampilannya terkesan 'mahal'. Tentu, saat berfoto bersama chef Farah Quinn, beliau mengenakan pakaian hitam nan elegan. Dikabarkan juga bahwa Ratna Sari Dewi adalah seorang pengusaha sukses.

Bagaimanapun lika-liku perjalanan hidupnya, jerih payah dan usaha keras telah mendulang kemakmuran hidup.

Ratna Sari Dewi dan Krisdayanti (moneysmart.id)